Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Permasalahan Siswa dan Menentukan Solusinya dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier

Enita Try Saadyah, Sri Winiarti

Abstract


Bimbingan konseling merupakan aspek yang penting dalam proses pembelajaran karena bimbingan konseling merupakan pemberian bantuan. Dimana “bantuan“ disini tidak diartikan sebagai bantuan materil, melainkan bantuan yang bersifat menunjang bagi pengembangan pribadi bagi siswa yang dibimbing. Dalam konseling tidak dipungkiri adanya keterlambatan dalam pengambilan kesimpulan serta solusi yang tepat atas permasalahan yang dialami oleh siswa, untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi atau sistem pakar. Dalam melakukan konseling diperlukan sebuah sistem cerdas yang akan membantu guru bimbingan konseling dalam pengambilan keputusan serta dapat mengontrol siswa-siswi memiliki masalah sedini mungkin. Subyek penelitian yang akan dibahas pada penelitian ini adalah â€Sistem Pakar dalam Penentuan Solusi Bagi Siswa Dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier†yang diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Pada penelitian ini menggunakan beberapa data, yaitu: data siswa, data fakta, data permasalahan dan data solusi. Selain menggunakan data yang telah disebutkan, penelitian ini juga membutuhkan desain sistem yang diantaranya meliputi membuat tabel aturan, kamus data, Diagram Alir Data (DAD) dan rancangan manajemen data yaitu Entity Relationship Diagram (ERD) dan desain relasional basisdata. Perancangan aplikasi ini dibuat menggunakan metode Naive Bayes Classifier dan mesin inferensi Forward Chaining. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode studi pustaka, wawancara dan observasi. Dari penelitian yang dilakukan, menghasilkan sebuah sistem cerdas yang akan membantu guru bimbingan konseling dalam pengambilan keputusan konsultasi, membantu guru bimbingan konseling untuk mengontrol siswa-siswi dan mendokumentasikan pengetahuan seorang pakar yang dapat dijadikan sebagai media konsultasi. Hasil uji coba sistem dengan menggunakan Usability Testing dan User Acceptance Test (UAT), menunjukkan bahwa metode naive bayes classifier dapat diterapkan dalam bimbingan konseling dengan akurasi 100%.

Keywords


konseling; naive bayes classifier; sistem pakar

Full Text:

PDF

References


Jananto, Arif. 2013. Algoritma Naive Bayes untuk Mencari Perkiraan Waktu StudiMahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Universitas Stikubank.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasiya). Graha Ilmu, Jogjakarta

Nurhadryani Yani, dkk. 2013. Pengujian usability meningkatkan antarmuka aplikasi mobil. Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika.

Ridwan Mujib, dkk. 2013. Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Jurnal EECCIS.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i2.15823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Enita Try Saadyah, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.