Pengembangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pariwisata dan Budaya di Pulau Lombok

Febriyan Adhiatmaa, Tedy Setiadi

Abstract


Nusa Tengga Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam kelompok sunda kecil dan termasuk di pulau Nusa Tenggara. Provinsi ini memiliki 10 kabupaten atau kota. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Pulau Lombok yang terletak di sebelah barat dan Pulau Sumbawa yang terletak di sebelah timur. Ibukota provinsi ini adalah kota mataram yang terletak di pulau Lombok. Dengan bentuk kepulauan, Nusa Tenggara Barat memiliki begitu banyak tujuan wisata yang indah, terutama di Pulau Lombok. Selain sektor pariwisata yang dimiliki, Pulau Lombok juga memiliki  beragam budaya yang masih merupakan festival tahunan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Dalam penelitian ini, objek penelitian adalah pembuatan sistem informasi geografis untuk pariwisata dan budaya. Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan metode wawancara. Perancangan sistem menggunakan UML untuk menggambarkan proses apa yang terjadi pada sistem, sehingga bisa mendapatkan gambaran atau langkah kerja yang dapat digunakan untuk membuat sistem terstruktur seperti Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram to Class Diagram Dari penelitian yang dilakukan untuk menghasilkan perangkat lunak sistem informasi geografis berbasis web untuk pariwisata dan budaya di pulau Lombok dengan kemampuan untuk memberikan informasi mengenai lokasi wisata yang ada di pulau Lombok, memberikan panduan atau rute jalan menuju tempat-tempat wisata, budaya, makanan, hotel, panduan dan acara dan menampilkan deskripsi tur, budaya, hotel, makanan, pemandu, acara. Dari hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa aplikasi tersebut layak dan bisa digunakan.

Keywords


Sistem Informasi Geografis; Pariwisata dan Budaya; Pulau Lombok

Full Text:

PDF

References


http://www.ntbprov.go.id/hal-sejarah-nusa-tenggara-barat.html (di akses pada tanggal 23 Desember 2016).

http://www.kompasiana.com/www.kompasiana.commardinahpkn/budaya-di-lombok- ntb_552acada6ea834d456552d23 (di akses pada tanggal 23 Desember 2016).

Lalu Wiratmaja,. (2015) sistem informasi geografis berbasis web untuk pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Effendi, Junius, M., 2010, Sistem Informasi Geografis Obyek Wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam Berbasis Web. Pagaralam.

Prahasta, Eddy., 2005, sistem informasi geografis, informatika, Bandung.

http://www.yiiframework.com/doc/guide/1.0/id/quickstart.what-is-yii (diakses pada tanggal 6 September 2017)

Prihatna, H., 2005, Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional, Elex Media Komputindo, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i2.15811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Febriyan Adhiatmaa, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.