Pengembangan Sistem Informasi Obat Berdasar ISO Berbasis Web Dengan Metode Object Oriented

Bambang Priyanto, Tedy Setiadi

Abstract


Buku ISO Indonesia (Informasi Spesialis Obat) yang memuat banyak nama-nama obat, pabrik yang memproduksinya, jenis-jenis obat, kandungan obat, kategori obat, indikasi, efek samping, cara pakai, dan harga obat. Bisa dibilang ISO ini merupakan kamus bagi orang farmasi. Semua kalangan farmasi mulai dari siswa SAA (Sekolah Asisten Apoteker).kendala pada sistem yang digunakan yaitu belum terdapat cara pencarian obat dengan kandungan yang sama namun berbeda merk, karena pada kasus seperti ini sangat dibutuhkan saat resep obat yang di inginkan tidak ada masih ada solusi digantikan dengan obat merk lain yang tentu mempunyai kandungan obat yang sama. dari hal tersebut dibuatnya sistem informasi obat untuk apotek untuk memudahkan kinerja karyawan, sistem informasi yang dibuat menggunakan basis web untuk memudahkan dalam pengaksesan dalam pengembangan sistem informasi ini diperlukanya framework(CI) untuk pengaplikasianya dan untuk metode ini menggunakan metode object oriented. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah sistem informasi untuk mengolah data obat dan transaksi pada apotek. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan tugas akhir ini adalah mengamati langsung proses transaksi dan pembuatan laporan, pengumpulan data yang meliputi data obat, data golongan ,data kategori dan laporan transaksi, analisis sistem baik kebutuhan fungsional maupun nonfungsional dalam system informasi obat, serta pengembangan sistem yang meliputi perancangan sistem dengan memberikan informasi obat berdasar ISO menggunakan media internet berbasis web, implementasi sistem informasi berfokus pada pencarian obat untuk mendapat solusi penggantian obat ketika obat yang di cari tidak ada akan digantikan dengan obat lain yang mempunyai kandungan sama, pengujian sistem ini menggunakan metode Black Box Test dan Alpha Test. Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah sistem informasi obat berdasar ISO berbasis web dengan metode object oriented dengan hasil pengujian sistem yang diterapkanya kamus ISO dapat memberikan alternative pemilihan obat ketika stok tidak tersedia akan di sarankan obat lain yang tentu mempunyai kandungan yang sama dengan obat yang di maksud, Kamus ISO yang dilengkapi dengan indeks abjad yang terurut akan mempercepat pencarian obat ,Serta dapat membuat laporan transaksi jual beli obat dengan cepat dan memberikan data laporan dari hasil transaksi yang akurat serta dapat memberikan informasi kepada apoteker tentang status obat atau kadaluarsa obat

Keywords


ISO; Framework(CI); object oriented

Full Text:

PDF

References


AbdulKadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta.

Adita Prihantara. 2012. Sistem Informasi Apotek Dengan Media Katalog Denga Metode Searching.

Agussalim. 2012. Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Rumah Sakit U’budayah Indonesia Menggunakan Visual Basic 6.0.

Bagus Ardy. 2013. Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Apotek Patra Farma, Jepara.

Dian Gustina, Achmad Sumbaryadi, Andri Nuryanto. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Managemen Persediaan Obat Pada Apotek Kimia Farma.

Hendra. 2015. Perancangan Aplikasi Pengelolaan Apotek Dan Pengobatan Yang Terintegrasi Di Aapotek Vika . Teknik Informatika UNIKOM , Bandung.

ISFI, ISO. 2009. (Informasi Spesialite Obat) Indonesia, PT. ISFI, Jakarta.

Nurdiansyah , Ramadian Agus. 2012. Pembuatan Sistem Informasi Apotek Berbasis Web Pada Apotek Tulakan .

Sidik, Betha. 2012. Framework Codelgneter, Informatika Bandung, Bandung.

Syahrul Mauluddin. 2011. Jurnal Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Tutik Winarni, M3104045. 2007. Sistem Iinformasi Stok Obat Apotek, Program Ilmu Komputer Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yeremia Yuliawan M.J. , Dewiyani Sunarto , Tony Soebijono .2007. Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Berbasis Web Program Studi/Jurusan Sistem Informasi STMIK STIKOM , Surabaya, 60298.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bambang Priyanto, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.