Analisis Manajemen Risiko Pada Layanan Pengunduran Diri Mahasiswa Menggunakan Framework COBIT 5 Fokus Pada Mengelola Risiko (APO12)

Riki Nurhidayat, Sri Handayaningsih

Abstract


Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan adalah suatu lembaga yang memberikan  pelayanan publik yang mengharuskan untuk menjaga kualitas pelayanan bagi para stakeholdernya agar tetap menjadi pilihan utama di masyarakat. Terdapat suatu lemabaga atau biro yang mempunyai tugas utama yaitu mengelola layanan akademik dan mengelola data transaksi akademik yaitu Biro Akademi dan Admisi (BAA). Kegitatan akademik yang ada diatur dalam Standard Operasional Procedural (SOP), dan salah satunya adalah layanan pengunduran diri mahasiswa. Layanan ini sudah berjalan sesuai dengan SOP namun dari hasil wawancara dan observasi ditemukan risiko terhadap layanan ini, yaitu: kurangnya penyampaian informasi mengenai alur pengunduran diri, terhambatnya aktivitas yang disebabkan oleh persyaratan dalam pemenuhan surat bebas (laboratorium, persputakaan, keuangan) yang diperoleh dari tempat yang berbeda, sulitnya memperoleh persetujuan (penasehat akademik, Kaprodi dan Dekan) dikarenakan ketidakhadirannya di perguruan tinggi dan juga akan mempengaruhi skor dalam penilaian akreditasi apabila risiko pada layanan ini tidak dilakukan penanganan. Rancangan model manajemen risiko dibuat dengan metode Control Objective for Information and Related Technologi (COBIT) 5 pada Proses APO12 (Manage Risk). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada responden yang ada di perguruan tinggi kemudian diukur prosentase dari masing-masing pertanyaan, hasil pengukuran dianalisis untuk mencari risiko dan dampak yang ditimbulkan serta penilaian untuk menentukan kategori (high, medium, low) terhadap temuan risiko, setelah itu dilakukan pengelolaan risiko untuk mencegah agar risiko tidak mencapai kategori tinggi (high). Dari hasil uji model manajemen risiko menunjukan bahwa model tersebut dapat diimplementasikan dan mendukung organisasi dalam meningkatkan (improvement) pelayanan.

Keywords


Analisis; Manajemen Risiko; COBIT 5; Pengunduran diri mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A dan Handayaningsih, S. 2012. Pengukuran Tingkat Kesuksesan Sistem Informasi Akademik Universitas XYZ Dengan Model Delone Dan Mclean.

Nurfadlun. 2017. Pembuatan Model Manajemen Risiko Pada Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi Menggunakan Frameowrk COBIT 5 Di Biskom UAD. Skripsi. Yogyakarta: Teknik Informatika UAD.

Rizkia, Fajrin. 2014. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 Fokus Pada Proses Manage Relationship APO08. Skripsi. Jakarta: Sains Dan Teknologi UIN.

Noviyanto. 2013. Manajemen Teknologi Informasi(Studi Kasus Badan Pusat Statistik). Jurnal Teknik Elektro Dan Informatika. Institut Teknologi Bandung.

Ayu, N dan Putu, G. 2016. Analisis Manajemen Risiko Pada Sistem Akademik Di STIMIK STIKOM Bali, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN: 2102- 3805.

Gilang, M dan Victor, R. 2015. Analisisi Manajemen Resiko Teknologi Informasi Penerapan Pada Document Management System Di PT. Jabar Telematika (JATEL).

Putra, N. 2014. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Menggunakan Framework COBIT 5. Skripsi. Jakarta: Sains Dan Teknologi UIN.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riki Nurhidayat, Sri Handayaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.