Analisis Perbandingan Metode Keamanan Wireless WEP 128bit Dan WPA Untuk Meningkatkan Keamanan Wireless

Muhammad Yanuar Efendi, Imam Riadi

Abstract


Teknologi informasi saat ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan, kecepatandan keakuratan serta keamanan dalam memperoleh informasi. Jaringan wireless sangat dibutuhkan. Masalah utama jaringan wireless adalah keamanan, metode yang sering digunakan adalah otentikasi. Penelitian ini dilakukan percobaan penetrasi protocol enkripsi WEP 128bit dan WPA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, studi literatur dan wawancara. Data yang terkumpul digunakan untuk melakukan langkah selanjutnya yaitu melakukan analisa terhadap metode keamanan wireless WEP 128bit dan WPA dengan menggunakan tools hacking aircrack-ng. Berdasarkan penelitian yang berjudul Analisis Perbandingan Metode Keamanan Wireless WEP 128bit dan WPA Untuk Meningkatkan Keamanan Wireless ini menghasilkan sebuah solusi bagi keamanan jaringan wireless yaitu dengan melakukan penerbitan password yang paling aman untuk digunakan. Hasil dari penelitian ini layak dapat digunakan sebagai solusi masalah keamanan jaringan wireless.

Keywords


Keamanan; Password; Wireless; WEP 128bit; WPA

Full Text:

PDF

References


Deris Stiawan Dian Palupi Rini. 2009. Analisis Perbandingan Sistem Keamanan WEP/WPA/RADIUS pada Jaringan Wireless Publik Hotspot. Fakultas Ilmu Komputer Uneversitas Sriwijaya, Palembang.

Desmon, Sharon dkk. 2014. Membangun Jaringan Wireless Locl Area Network (WLAN) Pada CV.BIQ Bengkulu. Teknik Komputer Universitas Dehasen, Bengkulu.

Gilang dkk. 2016. Analisa Keamanan Jaringan Wireless Di Sekolah Menengah Al Firdaus. Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herdiana, Yudi. 2014. Keamanan Pada Jaringan Wireless. Teknik Informatika Universitas Bale, Bandung.

Imam Cartealy. 2013. Linux Networking. Jakarta: Jasakom.

Lfikri. 2010. Sejarah dan Perkembangan Wireless LAN. http://lfikri.wordpress.com/2010/04/09/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-wireless/ (diakses pada 24 November 2013, pukul 00.38).

Mentang, Randy dkk. 2015. Perancangan Dan Analisis Keamanan Jaringan Nirkabel Menggunakan Wireless Intrusion Detection System. Teknik Elektro UNSRAT, Manado.

Micro, Andi. 2011. Dasar-Dasar Jaringan Komputer. Yogyakarta: ClearOS Indonesia.

Rico. 2014. Analisis Celah Lapisan Keamanan Pada Jaringan Nirkabel. Teknik Informatika STIKOM Dinamika Bangsa.

Santi Dwi Ratnasari dan Dwi Safiroh Utsalina. 2017. Implementasi Penanganan Serangan Mac-Clone Pada Hotspot Mikrotik Di STIMIK Pradnya Paramita Malang. Teknik Informatika STMIK Pradnya Paramita, Malang.

Sembiring, Irwan dkk. 2009. Analisa dan Implementasi Sistem Keamanan Jaringan Komputer dengan Iptables sebagai Firewall Menggunakan Metode Port Knocking. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Sebtian, Bayu. 2011. Keamanan Wireless LAN dengan WEP, WPA, dan WPA2. http://bayuneuer.blogspot.com/2011/01/cara-mengkonfigurasi-access-point.html (diakses pada 26 November 2013, 12.37).

Supriyanto, Aji. 2006. Analisis Kelemahan Keamanan pada Jaringan Wireless. Teknologi Informasi FTI Universitas Stikubank, Semarang.

Surahmat, dkk. 2014. Analisis Keamanan Sistem WPA Radius. Teknik Informatika Universitas Bina Darma, Palembang.

Wagito. 2007. Jaringan Komputer: Teori dan implementasi Berbasis Linux. Yogyakarta. Gava Media




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Yanuar Efendi, Imam Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.