Analisis Dan Perancangan Proses Bisnis dan Basis Data Untuk SIM (Sistem Informasi Manajemen) LSP AD

Novita Wulandari, Eko Aribowo

Abstract


Permasalahan yang dihadapi di LSP AD saat ini adalah proses sertifikasi profesi di LSP AD masih berjalan secara manual dalam artian peserta harus datang langsung ke LSP untuk proses sertifikasi profesi. Masalah kedua penyimpanan data masih berbentuk dokumen sehingga proses menjadi lama dan data kurang akurat. Kemudian batasan masalah sebatas analisis dan rancangan proses bisnis dan basis data pada unit bidang sertifikasi. Rumusan masalah penelitian berdasarkan pada bagaimana cara membuat rancangan sistem informasi manajemen sertifikasi profesi LSP AD menjadi lebih efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara (Interview) dan metode studi kepustakaan. Analasis dilakukan untuk menentukan spesifikasi perancangan agar sesuai kebutuhan. Perancangan menggunakan proses bisnis dan Basis data, untuk basis data rancangan yang dibuat yaitu flowcart, DFD, ERD, Mapping Tabel, Tabel Data, Perancangan Antar Muka(Interface). Pengujian dilakukan dengan cara kuesioner. Hasil penelitian berupa analisis dan rancangan proses bisnis dan basis data untuk Sistem Informasi Manajemen LSP AD. Pada tugas akhir ini akan dijelaskan tentang pembuatan analisis dan rancangan sertifikasi profesi di LSP AD. Pada sistem pendaftaran, APL 01, APL 02, TUK dan pengumuman ini peserta dapat mengakses di web sedangkan untuk MUK(Materi Uji Kompetensi) peserta harus datang langsung ke LSP karena proses ini peserta akan di uji langsung oleh asesor. Hasil pengujian berdasarkan kuisioner yang diberikan pengurus LSP AD menyatakan bahwa analisis dan perancangan proses bisnis dan basis data yag dibuat sudah sesuai dengan SOP yang ada di UAD dan dapat digunakan untuk pengembangan LSP AD agar menjadi lebih baik.

Keywords


Analisis; perancangan; proses bisnis; basis data; sertifikasi; LSP AD

Full Text:

PDF

References


BNSP, Pemerintah. (2014) “Pedoman Penilaian Lembaga Sertifikasi Profesiâ€. Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi : Jakarta.

Connolly, T., Begg, C. (2010) Database Systems: a practical approach to design, implementation, and management. 5th Edition. America: Pearson Education.

Dittman C,Kevin. (2004) MetodeDesaindanAnalisisSistem. Terjemahan oleh Tim PenerjemahANDI:Yogyakarta.

Fatrin, Gufani. (2013) Analisis dan Perancangan Basis Data Terpusat Pemasaran Pada PT Thamrin Brothers Palembang. Skripsi. Palembang : Universitas Bina Darma.

Fathansyah. (2012) Basis Data Edisi Revisi, Informatika : Bandung.

Harapan, Defransiko. (2013) Analisis Perancangan Basis Data Akademik Universitas Baturaja. Skripsi. Palembang : Universitas Bina Darma.

Hafriyani, Desy. (2015) Perancangan Proses Bisnis Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Knowledge Conversion 5C-4C dan SECI. Skripsi. Bandung : Universitas Telkom.

Harmon, Paul. (2007) “Business Process Change: A Guide for

Janner,Simarmata.,Iman,Paryudi. (2006). Basis Data, EdisiPertama, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Whitten. (2004) Tahapan Proses Bisinis. Gramedia Pustaka Umum:Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novita Wulandari, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.