Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman)

Buhari Muslim, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Perkembangan teknologi dalam pembelajaran berkembang cukup pesat. Manfaat teknologi berperan penting dalam dunia pendidikan seperti elektronik edukasi atau pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan komputer serta software-software digital lainnya. Multimedia pembelajaran yang akhir-akhir ini sangat banyak digunakan oleh guru atau siswa dalam proses belajar mengajar seperti multimedia interaktif pada materi hidrolisis garam. Multimedia interaktif merupakan pola komunikasi dua arah antara komputer dengan siswa atau siswa dengan komputer (interaktif). Program ini dikembangkan dengan metode siklus pengembangan sistem seperti merancang konsep, analisis struktural, desain sistem, pembuat produk, testing, sistem dan memilihara sistem. Multimedia interaktif ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobeflash CS3 software yang mampu menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik, dan dinamis. Penelitian ini diuji dengan menggunakan blackbox test dan alpha test yang hasilnya menunjukan 89% dengan kategori sangat baik untuk alpha text yang diuji oleh siswa dimana pengguna dapat memilih menu berupa menu pendahuluan, menu materi ,evaluasi dan petunjuk. Blackbox test yang hasilnya menunjukan 88.9 % dengan kategori sangat baik yang diuji oleh ahli media selaku guru kimia. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa program yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran kimia dengan topik khusus materi hidrolisis garam untuk SMA Negri I Ngaglik Sleman kelas XI.

Keywords


Multimedia; Interaktif; Hidrolisis Garam; Adobeflash CS3

Full Text:

PDF

References


. Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

. Anwar, S. 2010. Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif Kimia SMA Berbasis Intertekstualitas Ilmu Kimia Sebagai Alternatif Model Pembelajaran.Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 15 No 1, hlm. 51.

. Anwar, S., Sonjaya, Y, Wijaya. 2011. Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif Kimia SMA Berbasis Intertekstualitas Sebagai Alternatif Model Pembelajaran.Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 16 No 2, hlm. 122-127.

. Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

. Ditama, V., Saputro, S., Catur, N. A. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Program Adobe Flash Untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia. (JPK), Vol. 4 No. 2, hlm. 24.

. Eliza, F. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Kuliah Gambar Listrik Yang Menggunakan Autocad Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Ft Unp. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 6 No. 2. ISSN 2086 – 4981, hlm. 67.Fauzi, T. M. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Bilingual Learning Berbasis Macromedia Flash Profesional 8 Sebagai Sumber Belajar Kimia Pada Materi Pokok Asam dan Basa (Skripsi). UIN Sunan Kalijaga, hlm. 8-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buhari Muslim, Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.