Sistem Pakar Deteksi Dini Gangguan Kecemasan (Anxiety) Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Farajullah Farajullah, Murinto Murinto

Abstract


Gangguan kecemasan (Anxiety Disorder) adalah suatu penyakit kejiwaan yang menyebabkan penderitanya mengalami kecemasan yang berlebihan. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan yang melanda individu adalah dengan cara berkonsultasi pada tenaga professional psikolog. Namun di Indonesia perbandingan penduduk dengan tenaga professional psikologi belum mencapai kriteria cukup menurut standar WHO yang semestinya setiap 100.000 penduduk memiliki masing masing 3 orang psikolog, psikolog klinis, dan psikiater. Sehingga mengakibatkan belum semua penderita gangguan kejiwaan mendapatkan penanganan. Untuk itu perlu adanya suatu sistem yang bisa membantu dalam menangani dan mencari solusi dari penyakit gangguan kejiwaan tersebut. Sistem ini dibuat berdasarkan pengetahuan seorang pakar yang ahli di bidangnya dengan memanfaatkan salah satu metode dalam bidang sistem pakar yaitu Forward chaining. Forward chaining itu sendiri menggunakan teknik pencarian dimulai dengan menelusuri fakta-fakta yang ada dan mencocokkannya dengan aturan-aturan yang dibuat sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pakar berbasis web untuk diagnosa penyakit gangguan kecemasan menggunakan metode forward chaining dengan kemampuan dapat memberikan informasi untuk mendiagnosa 15 data penyakit dan 16 data gejala gangguan kecemasan yang disertai nama penyakit, gejala-gejala penyakit, penjelasan terkait penyakit, dan saran penanganan. Hasil pengujian Alpha Test terhadap 10 responden dari pasien gangguan kecemasan diperoleh pilihan jawaban “Setuju†yang memiliki nilai prosentase sebesar 0,6 atau 60%, dan pengujian Black Box yang dilakukan pakar menunjukkan nilai prosentase 100% diagnosa yang dihasilkan sesuai dengan analisa psikologi dan buku rujukan PPDGJ-III, dapat disimpulkan bahwa aplikasi sistem pakar yang dibuat layak digunakan.

Keywords


Sistem Pakar; Gangguan kecemasan; Forward chaining

Full Text:

PDF

References


R. Setiyani, “Layanan psikolog di Puskesmas Yogyakarta, solusi deteksi gangguan jiwa di level bawah,†2013. [Online]. Available: http://theconversation.com/layanan-psikolog-di- puskesmas-yogyakarta-solusi-deteksi-gangguan-jiwa-di-level-bawah-96484.

Sutojo, Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi, 2011.

R. Rosnelly, Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi, 2012.

J. E. Aronson, T.-P. Liang, and E. Turban, Decision support systems and intelligent systems, vol. 4. Pearson Prentice-Hall New York, 2005.

G. A. K. Tutik, R. Delima, and U. Proboyekti, “Penerapan forward chaining pada program diagnosa anak penderita autisme,†J. Inform., vol. 5, no. 2, 2009.

T. Safaria and N. Saputra, Manajemen Emosi. Bumi Aksara, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Farajullah Farajullah, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.