Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Tentang Vocabulary Untuk Sekolah Dasar Kelas I Berbasis Multimedia di Sd Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta

Rafika Soraya Luftiyani, Wahyu Pujiyono

Abstract


Berdasarkan observasi dari 4 kelas, dengan standar KKM 70, diperoleh 29,6% dari 108 siswa mendapatkan nilai di bawah standar. Kendala yang dialami siswa tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris, kesulitan dalam pengucapan. Guru masih mengajar dengan cara klasikal. Keterbatasan waktu hanya 35 menit dalam 1 kali pertemuan. Orangtua mengalami kesulitan dalam mendampingi belajar di rumah. Media pembelajaran bahasa Inggris tentang vocabulary berbasis multimedia ini dengan materi, latihan dan evaluasi dikembangkan untuk mengatasi masalah yang ada, memudahkan siswa untuk mempelajari kembali, belajar mandiri, orangtua dapat mendampingi saat di rumah dan meningkatkan motivasi belajar dengan target yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajar berbasis multimedia ini adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis kebutuhan (pengguna dan sistem), perancangan konsep (skenario berbasis ICT, skenario evaluasi), storyboard, implementasi, pengujian sistem. Pengujian sistem blackbox test oleh guru untuk mengetahui kebenaran materi dan kelayakan media pembelajaran sebagai media bantu menyampaikan materi. Hasil pengujian dapat membantu dalam penyampaian materi dengan presentase sangat setuju 5,3% dan setuju 94,7% layak sesuai kebutuhan user. Alpha test diuji dengan 30 siswa untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang efektif dan menarik dengan presentase sangat setuju 58%, setuju 41%, kurang setuju 1%,tidak setuju 0%. Hasil nilai evalusi telah mengalami kenaikan dan sudah memenuhi KKM. Kesimpulan bahwa aplikasi media pembelajaran interaktif bahasa inggris tentang vocabulary berbasis multimedia ini layak digunakan dalam proses pembelajaran

Keywords


Bahasa Inggris; Media Pembelajaran; Metode; Multimedia; Vocabulary

Full Text:

PDF

References


Nurjanah. (2011). Aplikasi Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Bahasa Inggris untuk 6-8 Tahun. Jakarta : Falkutas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ningsih, Handayani Untari dkk. (2010). Aplikasi Pemebalajaran Kosa Kata dan Pronunciation Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Informatika. Semarang : Universitas Stikubank Semarang.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali, Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i3.15258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rafika Soraya Luftiyani, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.