Pembuatan Model Enterprise Architecture Planning Menggunakan Metode TOGAF ADM di Dinas Pendidikan Dasar Bantul

Azalia Ramadhani, Tedy Setiadi

Abstract


Dinas Pendidikan Dasar Bantul mempunyai permasalahan utama yaitu, kurangnya perencanaan dan tanpa memikirkan kunci utama dalam proses pengembangan sistem informasi yaitu perancangan, perancangan sistem informasi yang baik harus melihat dari berbagai sudut pandang pengembangan sistem, dimulai dari mendefinisikan arsitektur bisnis yang ada dalam organisasi, mendefinisikan arsitektur data yang akan digunakan, mendefinisikan arsitektur aplikasi yang akan dibangun serta mendefinisikan arsitektur teknologi yang mendukung jalannya sistem informasi tersebut. Hal ini yang mendasari peneliti membuat model Enterprise Architecture Planning (EAP) dengan menggunakan TOGAF ADM. Sehingga manfaat yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil penelitian menghasilkan model EAP yang meliputi arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi, dan arsitektur teknologi yang digunakan dalam mengembangkan sistem infomasi yang terintegrasi untuk mendukung kebutuhan organisasi di Dinas Pendidikan Dasar Bantul. Pada penelitian ini akan dibahas tentang “Pembuatan Model Enterprise Architecture Planning Di Dinas Pendidikan Dasar Bantul. Tahapan penelitian ini meliputi analisis yaitu analisis menggunakan metode Togaf ADM, analisis kondisi yang diharapkan, analisis GAP, pembuatan EAP, uji kelayakan dan rekomendasi. Togaf adalah kerangka kerja untuk enterprise architecture yang menyediakan pendekatan luas pada desain, perencanaan, implementasi dan penguasaan dari arsitektur informasi perusahaan. Hasil dari penelitian ini berupa Model Enterprise Architecture Planning dan kelayakan model menunjukkan pemodelan yang dibuat di Dinas Pendidikan Dasar Bantul valid dengan pengujian langsung dengan kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul diperoleh 100%, sehingga dengan presentase tersebut nantiya dapat digunakan sebagai acuan dalam pembangunan EAP dan panduan terhadap tim bidang program.

Keywords


Enterprise Architecture Planning (EAP); Dinas Pendidikan Dasar Bantul; Togaf ADM

Full Text:

PDF

References


Yunis, roni dan Kridanto Surendro. 2009. Perancangan model enterprise architecture dengan togaf architecture development method.

Ari Anggana, Agung. 2011. Perencanaan Arsitektur Enterprise Berbasis Web dengan Togaf ADM di RSUD Dr. Soegiri Lamongan.

Sucipto. 2013. Pengembangan integrated system architecture dengan menggunakan framework Togaf ADM pada AMIK Wahana Andiri.

Cecep. 2012. Analisis dan Pengembangan Enterprise Arsitektur menggunakan Framework TOGAF pada Pengadilan Agama Bandung

Kustiyaningsih, yeni. 2013. Perencanaan arsitektur enterprise menggunakan Togaf ADM di RSUD Dr. Soegiri Lamongan.

Ade Wibowo, agung. 2010. Perencanaan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Menggunakan TOGAF ADM (Studi kasus LP3I Pekanbaru).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i3.15256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Azalia Ramadhani, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.