Rancang Bangun UI (User Interface) / UX (User Interface) Aplikasi Manajemen Skripsi Pada Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan

Alfiana Novi Aulia, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Skripsi atau Tugas Akhir merupakan karya tulis ilmiah dari hasil penelitian mandiri untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan S1 sesuai dengan program studinya. Di Universitas Ahmad Dahlan terdapat koordinator yang bertanggung jawab atas pengelolaan skripsi. Dengan banyaknya mahasiswa yang mengambil skripsi karena sifatnya wajib, koordinator skripsi tersebut mengalami kesulitan dalam mengelolanya disebabkan karena prosesnya masih dengan cara manual. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membuat perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi manajemen skripsi yang bertujuan nantinya dapat menjadi acuan programmer dalam mengimplementasikan menjadi sebuah website atau aplikasi yang real. Langkah awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan literatur atau studi pustaka. Kemudian dilakukan analisis data, deskripsi kebutuhan user dan kebutuhan sistem, dan pembuatan diagram alir data. Tahap selanjutnya adalah perancangan desain user experience (UX) dan user interface (UI) aplikasi manajemen skripsi dan melakukan pengujian usability menggunakan metode Post Study (SUS) dan Post Task (SEQ) dengan mengukur efektivitas, efisiensi dan kepuasan responden. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada desain user experience dan user interface aplikasi manajemen skripsi berbasis website yang dikembangkan sesuai dengan pengujian usability terbukti membantu dalam proses pengembangan dengan hasil pengukuran efektivitas untuk tingkat keberhasilan mahasiswa, koordinator dan dosen sebesar 100%, 100%, dan 97 %. Kemudian untuk hasil rata-rata SEQ mahasiswa, koordinator dan dosen sebesar 6,7, 5,5 dan 6,7. Pengukuran efisiensi rata-rata responden dalam mengerjakan task tidak terlampaui jauh signifikan dibandingkan dengan pengguna ahli, pengukuran kepuasan mendapatkan total skor nilai 86,6 untuk aplikasi mahasiswa, total skor nilai 71,3 untuk aplikasi koordinator dan total skor nilai 75 untuk aplikasi dosen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rancangan aplikasi manajemen skripsi adalah Acceptable. Dan desain aplikasi sudah layak digunakan.

Keywords


Skripsi; Manajemen Skripsi; User Experience; User Interface

Full Text:

PDF

References


Maulana, Galang Rizka, Hendra Pradibta dan Ekojono. 2014. “Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Pelaksanaan Skripsi Pada Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Malangâ€. Skripsi. Malang: Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Malang.

Susanti, Meilia Nur Indah, dan Indrianto. 2014. “Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Sidang Untuk Mendukung Manajemen / Administrasi Jurusanâ€. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2008 – 1726 Vol 1 / Maret 2014.hal 12 – 17.

Tidwell, Jenifer. 2011. Designing Interface. Second Edition. Canada. Published by O’Reilly Media.

Garret, James.J. 2011. The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond. Ed ke-2. New Riders Publishing, United State of America.

Galitz, WO. 2002. The Essential Guide To User Interface Design: An Introduction To GUI Design Principle and Techniques. Ed ke-2. John Willey & Sons, Inc, Canada.

Sudarmawan dan Dony Ariyuz. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer. Ed. 1. Andi,

Yogyakarta.

Sauro, J., & Lewis, J. R. (2012). Quantifying the User Experience: Practical Statistics for User Research. (S. Elliot, Ed.) (I.). USA: Elsevier.

Sauro, Jeff. 2011. 10 THINGS TO KNOW ABOUT COMPLETION RATES. [Online] Didapatkan : http://measuringu.com/completion-rates/.

Sauro, Jeff. 2012. 10 Benchmarks For User Experience Metrics. [Online] Didapatkan : http://measuringu.com/ux-benchmarks/.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean : Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 4(3), 114–123.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i3.15252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alfiana Novi Aulia, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.