Pengembangan Aplikasi Authoring Tools Buku Teks Elektronik (E-Textbook) Berbasis Web

Sasti Yudho Lukito Aji, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Elektronik book (ebook) adalah salah satu layanan informasi berbentuk buku digital. Ebook bisa diakses menggunakan media digital seperti komputer, notebook dan handphone. Ebook saat ini banyak digunakan karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Kenyataannya, berbagai kelebihan ebook tersebut ternyata tidak diimbangi dengan kenyamanan dalam menulis, me-review dan mengedit buku digital melalui peramban. Beberapa kendala tersebut bisa diatasi dengan adanya Aplikasi authoring tools buku teks elektronik (e-text book) berbasis web. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuisioner. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi aplikasi memanfaatkan Codeigniter framework dan MySql database untuk penyimpanan data. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan aplikasi authoring tools buku teks elektronik (e-Teksbook) berbasis web yang digunakan untuk mempermudah penulis buku dalam menulis, mereview dan mengedit konten digital berbasis web melalui peramban. Pengujian sistem dengan metode black box dengan hasil lulus dan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu digunakan juga metode post-study untuk mengetahui tingkat usability aplikasi yang dikembangkan ini dengan nilai 68.5 (skala 0..100).

Keywords


authoring tools; buku; e-book; reader; web

Full Text:

PDF

References


Gu, X., Wu, B., & Xu, X. (2015). Design, development, and learning in e-Textbooks: what we learned and where we are going. Journal of Computers in Education, 2(1), 25–41.http://doi.org/10.1007/s40692-014-0023-9Kotler, Philip, 2002, ManajemenPemasaran,Prenhalindo, Jakarta.

Erhan, D. (2014). Effect of hypertextual reading on academic success and comprehension skills. Educational Research and Reviews, 9(14),447–

http://doi.org/10.5897/ERR2013.1405

Harmin, A. (2016). Authoring Tools Algoritma Dan Pemrograman Sebagai Media Pembelajaran On-Line Pada Stmik Profesional Makassar (Studi Kasus Matakuliah Algoritma Dan Pemrograman), 1–12.

Putra, Nandhi A.R. 2012. Pengembangan Modul Front-End System Pada Aplikasi Interactive E-book Reader Di Android Menggunakan Sencha Touch dan Monocle.

Realitha,Cindy.2012.Pengembangan Back-End System Pada Aplikasi Interactive E-book Reader Di Android Menggunakan Framework Phonegap.

Hidayat, S., & Ikhsan, A. L. (2009). perancangan prototipe ebook reader menggunakan usability engineering.

Booch, G., Rumbaugh, J. & Jacobson, I., 2005. The unified modeling language user guide Second Edition. , p.496.

Sidiq, M. A. (2012). Content pada pengembangan CMS menggunakan codeigniter. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank ( Unisbank ) Semarang.

Sommerville, Ian , 2007, Software Engineering – Eight Edition, Addison Wesley, Massachussets.

Dharwiyanti, S. & Wahono, R.S., 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). Gulzar, N., 2002. Fast Track to Struts: What it Does and How.The Server Side.com, pp.1–29




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i3.15250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sasti Yudho Lukito Aji, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.