Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Matematika “Bilangan Acak†untuk Kelas 1 Semester 2 di SDIT Luqman Al-Hakim Timoho Yogyakarta

Sylvia Lorent, Wahyu Pujiyono

Abstract


Materi Bilangan Acak bagi sebagian siswa susah untuk dipahami. Berdasarkan observasi yang diperoleh dari 30 siswa di SD IT Timoho Yogyakarta masih terdapat 25% siswa yang mendapatkan nilai dibawah 75 yang merupakan standar nilai KKM, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari matematika khususnya bilangan acak, dimana siswa perlu memahami urutan bilangan, kesalahan lainnya adalah kurang teliti. Perkembangan teknologi saat ini, menuntut para pendidik untuk memanfaatkan dalam meningkatkan daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran matematika, khususnya bilangan acak. Untuk itu perlu dibangun aplikasi media pembelajaran matematika khusunya bilangan acak agar dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri, mempermudah guru dalam penyampaian materi dan mempermudah orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dirumah. Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia ini adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis kebutuhan (pengguna dan sistem), perancangan konsep (skenario pembelajaran di kelas, skenario pembelajaran berbasis ICT), storybord, implementasi dan pengujian sistem. Pengujian sistem menggunakan dua tahap pengujian yaitu Blackbox test dan Alpha test. Pengujian blackbox test yang diujicoba oleh guru dalam penyampaian materi dengan presentase 100%. Sedangkan pengujian Alpha test yang diuji coba oleh 30 siswa presentase hasil pengujian dengan kategori sangat setuju 47%, setuju 49.6%, kurang setuju 3.3% dan tidak setuju 0%. Jumlah presentase paling banyak menyatakan setuju untuk digunakan sebagai alat bantu proses pembelajaran siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran matematika “bilangan acak†layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Bilangan Acak; Matematika; Media Pembelajaran; Multimedia; Perkembangan

Full Text:

PDF

References


Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Istiyarto, Dudy., Probosari, Riezky Maya., 2009. Macromedia Flash dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2008/2009. Semarang : Jurusan Biologi FKIP UNS

Hartanto, Agus., 2013. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok dengan Aplikasi Multimedia Interaktif di SD Negeri Teguhan Sragen. Sragen : FTI UNSA

Agung Dwi Hariyanto dan Wahyu Pujiyono. 2013. “Perancangan dan Implementasi Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan untuk sekolah dasar kelas 2â€. Yogyakarta : Program Studi Teknik Informatika UAD. Vol. 1, No.1




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i2.15246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sylvia Lorent, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.