Pengembangan Aplikasi LBS Untuk Layanan Informasi Jalan Rawan Kecelakaan di Kota Yogyakarta

Abdullah Sayfei Nurdin, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti, Ika Arfiani

Abstract


Daerah Istimewa Yogyakarta sangat terkenal akan wisata budayanya yang memiliki nilai-nilai historis dan aspek kehidupan masyarakat yang ramah. Banyak pelajar dari dalam maupun luar negeri yang melanjutkan studinya di kota ini sehinnga menimbulkan kepemilikan kendaraan pribadi yang cukup tinggi dan berdampak kemacetan yang begitu tinggi . Nampaknya hal ini menjadi masalah yang serius manakala pembangunan infrastruktur di Yogyakarta tidak sepadan dengan peningkatan kendaraan. akibatnya kepemilikan kendaraan pribadi yang semakin padat sehingga memicu peningkatan angka kecelakaan yang tinggi, Tingkat kecelakaan lalu lintas dua tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2014 mencapai 3.199 kasus sedangkan pada tahun 2015 meningkat sebanyak 3.922 kasus. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dan membangun aplikasi Jalan Rawan Kecelakaan di kota Yogyakarta. Pada penelitian ini digunakan teknologi Location Base Service (LBS) guna mempermudah pencarian jalur rawan kecelakaan baik yang berada disekitar pengguna maupun seluruh jalan rawan kecelakaan yang ada di Yogyakarta, Penelitian ini diuji menggunakan analisis Black Box Testing dan Post Study untuk mengetahui sejauh mana tingkat usability sistem terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan pihak kepolisian. Hasil dari aplikasi yang di bangun berupa informasi posisi titik-titik jalan rawan kecelakaan yang ada di DIY, deskripsi jalan rawan dengan tingkat level kecelakaan. Serta informasi lokasilokasi kantor polisi dan rumah sakit terdekat dari posisi keberadaan pengguna

Keywords


Informasi Jalan Rawan Kecelakaan; LBS; Android

Full Text:

PDF

References


.....,1993b, Peraturan Perundang-undangan No. 43 Tahun 1993 tentang Prasarana Jalan Raya dan Lalulintas, Pemerintah Republik Indonesia, Jakarta.

Adi, Candra Putra. 2013. Belajar Pemprograman Android Dengan Android Studio STIMIK YPP, Prabumulih

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2004. Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas, Pedoman Konstruksi dan Bangunan Pd T- 09-2004-B.Jakarta: Departemen Permukiman danPrasarana Wilayah.

Dewanti, M.S., 1996. Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Yogyakarta, Media Teknik No.3 Tahun XVIII, Yogyakarta : UGM,

Hariyanto, Bambang. 2004 Sistem Manajemen Basis Data Pemodelan, Perancangan, dan Terapannya. Bandung: Informatika

Kusuma, W. R. Any K. Yapie dan Eriza Siti Mulyani. 2013. Aplikasi Location Based Service (LBS) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Berbasis Android. Jakarta : Universitas Gunadarma.

Shalahuddinm, M. Dan Rosa A.S. 2010. Modul Pembelajaran Pemprograman Berorientasi Objek dengan Bahasa Pemprograman C++, PHP dan JAVA.Bandung:Informatika

Stefan Steiniger, Moritz Neun and Alistair Edwardes. 2005. Foundations of Location Based Services

Nugroho, A. A. 2010. Pemetaan Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Gunung Kidul Menggunakan Aplikasi Google Maps Berbasis Web. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Novialifah, R. W. Anna Fahrizah, dan Arif Basofi. 2015. Sistem Informasi Untuk Data Kecelakaan Berbasis Mobile. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Pemerintah Republik Indonesia.(2009)Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas Angkutan Jalan dan Jalan, Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta.

Prasetya, F. A. 2012. Sistem Informasi Daerah Rawan Kecelakaan di Kota Yogyakarta Berbasis Web. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Triwanto, Erwin. 2015. Angka Kasus Kecelakaan Dua Tahun Terakhir di Kota Yogyakarta. Okezone, 30 Desember 2015.

Ulya, Muhammad., Sawitri Subiyanto., dan Andri Suprayogi. 2013. Visualisasi Hasil Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan Berbasis Sistem Informasi Geografis dengan Tampilan Flash. Semarang : Universitas Diponegoro.

Virrantaus, K., Markkula, J., Garmash, A., Terziyan, Y.V. (2001). Developing GIS Supported Location-Based Services. In :Proc. Of WGIS –First International Workshopon Web Geographical Information System. Japan




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i2.15244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdullah Sayfei Nurdin, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti, Ika Arfiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.