Rancang Bangun Aplikasi Pengecekan Kemiripan Judul Skripsi Dengan Metode Cosine Similarity (Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika UAD)

Ibnu Abdullah Apriyanto, Eko Aribowo

Abstract


Pencarian judul skripsi dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa merupakan sesuatu yang tidak dapat dikatakan sulit dan dikatakan mudah. Seperti halnya dalam pengajuan judul di Teknik Informatika UAD, mahasiswa skripsi mengajukan topik TA dengan menemui Dosen koordinator TA atau menemui dosen pembimbing yang diinginkannya. Namun informasi terkait judul yang telah diambil/ digunakan pada tingkat dosen belum terkordinasi. Hal ini dapat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan penerimaan judul skripsi sehingga dibutuhkan validitas terkait penentuan judul skripsi yang akan diambil oleh mahasiswa. Untuk itu dilakukan penelitian dengan merancang bangun suatu aplikasi atau sistem yang dapat memberikan kemudahan dosen ataupun mahasiswa dalam melakukan pengecekan judul skripsi yang diajukan dengan skripsi-skripsi terdahulu di kalangan Program Studi Teknik Informatika UAD Subyek yang akan dibahas pada penelitian ini adalah “Aplikasi Pengecekan Kemiripan Judul Skripsi di Teknik Informatika UAD†menggunakan metodologi pengembangan sistem yaitu waterfall model. Metode waterfall dimulai dengan tahap menentukan system requirement specification, tahap perancangan sistem, tahap implementasi/ coding, dan tahap pengujian sistem. Sistem diuji dengan 2 metode yaitu Blackbox Test dan Usability Test. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi pengecekan kemiripan judul skripsi di program studi Teknik Informatika UAD. Pengujian dengan metode Blackbox Test dihasilkan bahwa 100% sistem sudah berjalan dengan baik, layak digunakan dan sesuai kebutuhan. Sedangkan pengujian dengan metode Usability Test 0 % responden menyatakan/memberi penilaian sistem/aplikasi tidak diterima (not acceptable), 20 % responden memberikan penilaian marginal dan 80 % responden menyatakan sistem aplikasi bisa diterima (acceptable).

Keywords


cosine similarity; pengecekan judul skripsi; kemiripan judul skripsi

Full Text:

PDF

References


Belkin, N. J. (1980) “Anomalous State of Knowledge as a Basis for Information Retrievalâ€, Canadian Journal of Information Sciences, 5, 133-143.

Fathansyah, Ir. (2002) Buku Teks Ilmu Komputer Basis Data. Bandung : Informatika.

Heriyanto. (2012) Pencarian Kemiripan Judul Skripsi dan Abstrak dengan Metode Exact Match. Yogyakarta : UPN “Veteran†Yogyakarta.

Karhendana, A. (2008) Pemanfaatan Dokumen Clustering pada Agregator Berita. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Konchady, M. (2006). Text Mining Application Programing. Boston : Charles River Media.

Lancaster, F. W. (1979) Information Retrieval Systems : Characteristics, Testing, and Evaluation, 2nd edition, New York : Jhon Wiley.

Manning, Christopher, D., Raghavan, P., dan Schutze, H. (2008) Introduction to Information Retrieval. Cambridge : University Press.

Mulyadin. (2012) Sistem Penentuan Keterkaitan Antar Skripsi Berdasarkan Keyword Seeking (Studi Kasus : Perpustakan Universitas Ahmad Dahlan). Skripsi. Yogyakarta : Universitas

Ahmad Dahlan.

Nadirman, Firnas. (2006) Sistem Temu – Kembali Informasi dengan Metode Vector Space Model pada Pencarian File Dokumen Berbasis Teks. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Gajah

Mada.

Pressman, Roger, SS., Ph. D. (1992) Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Simarmata, Janner dan Imam Paryudi. (2006) Basis Data. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tague – Sutclife, J.M. (1996) “Some Perspective on the Evaluation of Information Retrieval Systemâ€, Journal of the American Society for Information Science, 47(1): 1-3.

Tan, P.N., Steinbach, M. dan Kumar, V. (2006) Introduction to Data Mining. Boston : Pearson Education.

Waljiyanto. (2010) Sistem Basis Data, Analisis dan Pemodelan Data. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i2.15241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ibnu Abdullah Apriyanto, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.