Aplikasi Pengolahan Citra Untuk Deteksi Tingkat Kematangan Pada Buah Kelengkeng Dengan Metode Perbandingan Kadar Warna

Royyan Yuni Miladi, Murinto Kusno

Abstract


Perkembangan Teknologi yang pesat di bidang komputer telah mendorong semakin berkembangnya penelitian dan penerapan teknik pengolahan citra. Proses identifikasi buah-buahan dan sayuran yang dilakukan secara manual tidak efisien dan kurang teliti untuk jumlah yang cukup besar. Bertitik tolak pada kasus tersebut, maka penelitian ini bertujuan membangun sistem untuk penentuan tingkat kematangan berdasarkan tingkat kandungan nilai warna RGB pada buah kelengkeng. Subyek penelitiannya adalah membangun aplikasi untuk mengetahui tingkat kematangan kedalam 2 fase yaitu matang dan tidak matang. Data dalam penelitian ini menggunakan citra buah kelengkeng yang diambil dengan menggunakan kamera akan diambil sebagian (crooping) menjadi 300 x 300 pixels dan diganti format menjadi *.bmp,*.jpg, atau *.png yang kemudian akan diekstrak ciri warnanya, dan dikalkulasi tingkat kadar warna R(red), G(green), B(blue). Kemudian dibandingkan nilai rata-rata RGB dengan nilai RGB pada database yang telah dilakukan pengujian kematangannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi literatur dengan menggunakan data-data dari buku dan internet, metode wawancara kepada pedagang buah untuk memastikan data yang diperoleh mengenai informasi buah. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan 20 sampel citra buah kelengkeng yang terdiri 10 citra kelengkeng mentah dan 10 citra kelengkeng matang menunjukkan bahwa hasil untuk pengujian buah kelengkeng matang mencapai 100% dan untuk buah kelengkeng mentah mencapai 100%.

Keywords


Kelengkeng; Pengolahan Citra; RGB; Tingkat kematangan Kelengkeng

Full Text:

PDF

References


Ayu, S.P., Rohendi, D., dan Waslaluddin., (2010), Penerapan Cooperative Learning Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Ilmu Komputer UPI,(08): 15-18 pp.

Josi Ahmad, Andretti Leon, dan Suryayusra (2012).Penerapan Teknik Web Scraping Pada Mesin Pencari Artikel Ilmiah. Artikel ilmiah.

Juliasari, N., & Sitompul, J. C. (2012). Aplikasi Search Engine dengan Metode Depth First Search (DFS). BIT Numerical Mathematics, 9(9): 9-10 pp.

Junghoo Cho, Hector Garcia-Molina,and Lawrence. (1998), Efficient crawling through URL ordering, In Proceedings of the Seventh International World Wide Web Conference, pages 161-172 pp.

Koster, M.(1995). Robots in the Web: Threat of Treat?. ConneXions, 9(4). Accessed Agustus 5, 2016 at: http://info.webcrawler.com/mak/projects/robots/threat-or-treat.html

Meek, J.(1995). Intelligent Agents, Internet Information, and Interfaces. Australian Journal of Educational Technology, 11(2): 75-90 pp.

Rivort Pormes (2012). Penerapan Web Crawler dalam pencarian E-Book. Artikel ilmiah

Roesler, M. and Hawjins, D.T. (1994). Intelligent Agents: Software Servants for an Electronic Information World (And more!). Online, 18(4), 18-32 pp.

Sulatri, and E. Zuliarso (2010), Aplikasi Web crawler Berdasarkan Breadth First Search dan Back-Link, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 15(1): 52-56.

Tata Sutabri. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i1.15185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Royyan Yuni Miladi, Murinto Kusno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.