Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kinerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Sosial

Augit Indatmowo, Sri Winiarti

Abstract


Perkembangan sistem informasi di Dinas Tenaga kerja Transmigrasi dan sosial Kabupaten Kebumen pada dasarnya sudah dikembangkan namun belum secara optimal.Masih belum adanya suatu metode yang digunakan untuk menentukan kinerja pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi.Karena terdapat banyak pegawai hal tersebut menyebabkan kurang efisien waktu dan juga keamanan datanya kurang terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan analisis kinerja pegawai dinas tenaga kerja transmigrasi dan sosial yang dapat memudakan dalam menganalisis kinerja pegawai. Subyek yang akan dibahas pada penelitian ini adalah aplikasi system pendukung keputusan analisis kinerja pegawai dinas tenaga kerja transmigrasi dan sosial. Adapun dalam penelitian ini terdapat metode pengumpulan data.Metode tersebut antara lain metode study pustaka, wawancara dan observasi. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis kebutuhan, perancangan system, implementasi dan pengujian system.Dalam perancangan sistem terdapat beberapa tahapan untuk pegembangan sistemyaitu model keputusan, alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data dan struktur tabel.Metode keputusan dalam dalam menggunakan metode ini Kriteria Bayes.Pengujian sistem dilakukan dengan metode pengujian penerimaan dan pengujian usability system metode Usability Sistem.Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak system pendukung keputusan analisis kinerja pegawai dinas tenaga kerja transmigrasi dan sosial dengan metode kriteria bayes dan menggunakan parameter kinerja pegawai yang terdiri dari sasaran kerja individu, sasaran kinerja pegawai dan prestasi kerja. Hasil uji terhadap system disimpulkan bahwa system dapat diterima oleh user dan layak digunakan dengan hasil 100%.

Keywords


Analisis Kinerja Pegawai; Kriteria Bayes; Sistem Pendukung Keputusan

Full Text:

PDF

References


Efraim, Turban dkk. 2005. Decision Support System And Intelligent System. Andi. Yogayakarta.

Mei Priady, Bagas Dwi Naryoga. 2013, Sistem Pendukung Keputusan analisis kinerja pegawai di PT ina hasta mandiri dengan metode profile matching. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Nur Alim, Muhammad. 2013, Kinerja Pegawai Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Polewali Mandar. Universitas Hasanuddin Makasar.

Nielsen J. 2012. Usability 101: Introduction to usability. Alertbox. [Internet].[diunduh 2013 Jul 17]. Tersedia pada http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introductiontousability/.

Nielsen J.1993. Usability Engineering. San Francisco: Morgan Kaufman.

Supranto,j.2000. Modul Analisis dan Desain Sistem Informasi, J&J Learning, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i1.15180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Augit Indatmowo, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.