Pengembangan User Experience (UX) dan User Interface (UI) Aplikasi Pembaca Skripsi Tabloo di Perpustakaan Kampus III UAD

Angga Ibnu Barata, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Salah satu bentuk kemajuan pesat dari pengelolaan koleksi tugas akhir, skripsi, tesis maupun disertasi di perpustakaan perguruan tinggi (PT) di Indonesia adalah dengan tersedianya koleksi tersebut dalam format elektronik (eThesis). Akan tetapi walaupun sudah dalam format digital dan bisa diakses dari luar dalam kenyataannya akses yang diberikan masih sangat terbatas. Hadirnya tablet dengan platform Android yang murah dan handal bisa menjadi solusi alternatif memecahkan masalah di atas. Aplikasi pembaca skripsi di Perpustakaan Kampus III UAD saat ini belum di lakukan pengujian terhadap User Experience (UX) dan User Interface (UI), yang nantinya akan dirasakan langsung oleh pengguna aplikasi yang berada di Perpustakaan Kampus III UAD apakah sudah memenuhi aspek-aspek Usabillitas atau belum. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi desain User Experience (UX) dan User Interface (UI) menggunakan aplikasi JustInMind, Corel Draw, dan Photoshop. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 metode, metode pengujian Post Study dan metode pengujian Post Task.

Keywords


User Experience; User Interface; Skripsi; Android

Full Text:

PDF

References


Putra, Nandhi A.R. 2012. Pengembangan Modul Front-End System Pada Aplikasi Interactive E-book Reader Di Android Menggunakan Sencha Touch dan Monocle.

Rahmad, Basuki & Eka, Bambang. 2013. Rancang Pembangunan Web E- Library Pada Perusahaan Aptikom Indonesia Berbasis Web.

Realitha, Cindy. 2012. Pengembangan Back-End System Pada Aplikasi Interactive E-book Reader Di Android Menggunakan Framework Phonegap.

Sauro, J., & Lewis, J. R. (2012). Quantifying the User Experience: Practical Statistics for User Research. (S. Elliot, Ed.) (I.). USA: Elsevier.

Susilo, Fajar E. 2014. Pengembangan Web Service Backend Untuk Aplikasi Pembaca Skripsi Kampus III Universitas Ahmad Dahlan

Swasta, Sinung. 2015. Pengembangan Native Front-End Aplikasi Pembaca Skripsi di Perpustakaan Kampus III UAD Menggunakan Android Tablet.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i1.15173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Angga Ibnu Barata, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.