Aplikasi Pendeteksi Dan Analisa Cuaca Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Android

Jaguari Brawijaya, Felix Djohan, Kristien Margi Suryaningrum

Abstract


Cuaca adalah faktor penentu dalam kehidupan sehari-hari makhluk hidup, terutama manusia, cuaca sendiri adalah sebuah fenomena alam yang terjadi di atmosfer Bumi. Cuaca adalah suatu aktivitas yang dapat berlangsung selama beberapa hari. Cuaca dengan aktivitas jangka waktu yang lebih lama lebih dikenal sebagai iklim. Cuaca terjadi karena reaksi suhu dan kelembaban yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perbedaan ini bisa terjadi karena sudut pemanasan matahari yang berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk dapat memprediksi cuaca secara praktis untuk menyiapkan diri pada situasi – situasi yang tidak terduga, maka didasari oleh algoritma K-NN ,perhitungan jarak Euclidean dan metode perhitungan RGB untuk penentuan cuaca. Algoritma K-NN sebagai dasar pengambilan keputusan dari variabel yang telah ditentukan, perhitungan jarak Euclidean untuk dasar penentuan serta metode perhitungan RGB untuk ekstraksi fitur dari gambar. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah menghasilkan aplikasi mobile yang dapat memprediksi cuaca dengan kamera dan gambar. Hasil dari penelitian ini aplikasi mobile yang dapat memprediksi cuaca dari gambar ataupun dari kamera yang berhasil sebanyak 64 kali dalam 100 kasus, maka dapat disimpulkan hasil cukup baik.

Keywords


Cuaca; K-Nearest Neighbor; Android; Pendeteksi Cuaca; Pendeteksi Citra; Nilai Warna; RGB

Full Text:

PDF

References


Candra Dewi , Dany Primanita Kartikasari , Yusi Tyroni Mursityo. 2014. Prediksi Cuaca Pada Data Time Series Menggunakan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Anfis)., I(1), 18 – 24.

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntasi. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Kristanto Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Ricky Imanuel, Kusrini, M.Rudyanto Arief. 2014. Analisa Prediksi Tingkat Pengunduran Diri Mahasiswa Dengan Metode K-Nearest Neighbor.

Elsyantri Nana Suhendra, I Wayan Santiyasa, Agus Muliantara. 2015. Pengaruh Pca (Principle Component Analysis) Terhadap Klasifikasi Prakiraan Hujan Harian Di Daerah Kuta Selatan Menggunakan Algoritma Knn (K-Nearest Neighbor)., VIII(1), 8 – 14.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v8i1.14623

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jaguari Brawijaya, Felix Djohan, Kristien Margi Suryaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.