Penerapan Algoritma Floyd-Warshall Terhadap Pencarian Rute Bangunan Cagar Budaya Berbasis Web di Kota Sukabumi

Mohamad Firdaus Herdiansah, George Pri Hartawan, Prajoko Prajoko

Abstract


Kota Sukabumi menawarkan eksotisme moderinitas kota yang berpadu dengan kekayaan peninggalan sejarah. Terdapat beberapa peninggalan sejarah yang menjadi cagar budaya di Kota Sukabumi seperti bangunan-bangunan, benda-benda, serta peninggalan-peninggalan sejarah lainnya yang memiliki nilai penting. Namun dikarenakan keterbatasan informasi, maka akses terhadap cagar budaya tersebut sulit untuk didapat, hal tersebut dapat menghambat dalam melakukan pengelolaan terhadap cagar budaya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memudahkan dalam penyediaan informasi dan penentuan rute terpendek antar bangunan cagar budaya yang dapat akses dimana saja, agar dapat membantu masyarakat atau wisatawan dalam mencari solusi yang efektif untuk mengoptimakan jarak menuju lokasi. Pencarian rute terpendek bangunan cagar budaya sebagai wadah penyedia data atribut dari suatu objek peta berdasarkan data spasialnya. Dalam penelitian ini menggunakan algoritma floyd-warshall menerapkan pemrograman dinamis lebih menjamin keberhasilan penemuan solusi optimum untuk kasus penentuan lintasan terpendek. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan algoritma floyd-warshall untuk pencarian rute terpendek bangunan cagar budaya mampu menjadi suatu sistem yang dapat membantu pemerintah dalam mengelola dan sebagai media informasi bangunan cagar budaya dengan efektif kepada masyarakat.

Keywords


Algoritma Floyd-Warshall; Pencarian Rute Terpendek; Cagar Budaya

Full Text:

PDF

References


Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi. (2016). Peta Wisata Kota Sukabumi. Kota Sukabumi: Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi.

Siang, J. J. (2009). Matematika Diskrit Dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer. Yogyakarta: Andi.

Nawagusti, V. A. (2018). Penerapan Algoritma Floyd Warshall dalam Aplikasi Penentuan Rute Terpendek Mencari Lokasi BTS (Base Tower Station) pada PT.GCI Palembang. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 81-89.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 11. (2010). Cagar Budaya. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v8i1.13828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohamad Firdaus Herdiansah, George Pri Hartawan, Prajoko Prajoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.