Evaluasi Ketergunaan Sistem Pencarian Lokasi Buku di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Nafia Arlila Harsani, Dinar Mutiara Kusumo Nugraheni

Abstract


Usability adalah seberapa mudah atau ukuran pengguna dalam menggunakan sistem. Pada saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah (Dinas ARPUS) belum ada sistem pencarian lokasi buku (SILOKU). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor ketergunaan suatu tampilan SILOKU pada Dinas ARPUS. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi tampilan SILOKU yang sudah diuji ketergunaannya. Pada penelitian ini digunakan lima aspek yaitu aspek effectiveness, efficiency, satisfaction, ease of use, dan ease of learning. Pengumpulan data untuk aspek effectiveness dan efficiency dilakukan dengan cara melakukan observasi. Sedangkan pengumpulan data untuk aspek satisfaction, ease of use, dan ease of learning dilakukan dengan cara pengisian kuesioner yang dilakukan oleh responden. Uji ketergunaan dilakukan pada pengguna super_admin, petugas, dan pengunjung perpustakaan. Super_admin dan petugas yang dimaksud adalah petugas yang berada di Dinas ARPUS. Kasus uji coba dibuat berdasarkan Hierarchical Task Analysis (HTA) SILOKU. Pada hasil perhitungan didapatkan nilai evaluasi yang menunjukan adanya masalah yaitu tampilan SILOKU tidak menarik. Akan tetapi hasil uji coba tampilan SILOKU dari pengguna super_admin, petugas, dan pengunjung tidak mengalami kesulitan. Berdasarkan masalah tersebut, maka didapatkan rekomendasi dari hasil uji ketergunaan untuk aspek effectiveness, efficiency, satisfaction, ease of use, dan ease of learning adalah warna pada tampilan SILOKU yang tidak menarik sebaiknya diperbaiki. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan responden dalam menggunakan tampilan SILOKU

Keywords


Usability; Dinas ARPUS; SILOKU; HTA

Full Text:

PDF

References


Nielsen, J. 2012. Usability 101: Introduction to Usability. Alertbox. Retrieved February 14, 2019, from https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/.

International Organization for Standardization. 1998. ISO 9241-11: Ergonomic Requirement for Office Work With Visual Display Terminals (VDT) Part 11: Guidance in Usability . International Standards Organization, London.

Suparmo, M. P. 2007. “Uji Ketergunaan Situs Web Jaringan Perpustakaan Asosiasi Perguruan Tinggi Katholik Di Indonesia (APTIK) bagi Mahasiswa Yang Sedang Menulis Skripsi Pada Tahun Akademik 2006/2007 Di Universitas Sanata Sharma Yogyakarta.†Tesis Magister, Universitas Indonesia.

Istiana, P. 2015. “Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan.†Visi Pustaka, 13, 5-9.

Putra, et al. 2014. “Penerapan Metode Usability Testing Pada Evaluasi Situs Web Pemerintahan Kota Prabumulih.†Teknik Informatika.

Santoso, I. 2009. Interaksi Manusia dan Komputer Edisi 2. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Rubin J., and Chisnell. 2008. Handbook of Usability Testing , Second Edition: How to Plan Design, and COnduct Effective Tests. Indonapolis: Wiley Publishing,Inc.

Nielsen, J. 2012. Usability 101: Introduction to Usability. Alertbox. Retrieved February 14, 2019, from https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/.

Badre, A.N. 2002. Shaping Web Usability: Interaction Design In Context. Boston:Addison-Wesley.

Hidayat, W., et al. 2014. Penerapan Metode Usability Testing Pada Evaluasi Situs Web Pemerintahan Kota Prabumulih. Universitas Bina Darma Palembang.

Sukawilinda, and Ratnawati, R. A. 2013. Pengendalian Internal Terhadap Kecurangan. Jurnal ASET (Akuntansi Riset) 5(1):11.

Dix, et al. 1992. Human-Computer-Interaction Second Edition. Harlow, England: Pretice Hall.

Nugraheni, D. M. K., & Vries de, V. (2017) . The effectiveness of SMS as verification of flood early warning messages from users' perception. International Conference on Informatic and Computational Sciences (ICSICoS), 77-81.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v8i1.13675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nafia Arlila Harsani, Dinar Mutiara Kusumo Nugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.