Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Kabupaten Lombok Barat Berbasis Web

Subhan Subhan, Rusydi Umar

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang objek wisata yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Sistem diharapkan dapat menampilkan gambaran tempat objek wisata di Kabupaten Lombok Barat sehingga proses pencarian lebih cepat. Subjek pada penelitian ini mengkaji tentang SIG berbasis web. Objek penelitian yaitu lokasi objek wisata. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode studi pustaka. Metode observasi yaitu pengumpulan data dengan cara langsung mengamati permasalahan mengenai objek wisata di Kabupaten Lombok Barat. Metode wawancara dengan melakukan tanya jawab kepada orang yang mempunyai kapasitas dan informasi yang dibutuhkan dalam pelaksanan penelitian. Metode studi pustaka dengan melakukan pengumpulan data literatur yang berhubungan dengan subjek penelitian tentang SIG, baik dari artikel, penelitian terdahulu maupun dari website, serta mempelajari dan menganalisa literatur yang berhubungan dengan informasi objek wisata. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi geografis yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun wisatawan lokal dan asing, tentang informasi jarak, lokasi, deskripsi dan foto objek wisata yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Hasil dari pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem informasi geografis ini layak dan dapat dipergunakan dengan hasil pengujian sistem menggunakan metode Alpha Test yang ditujukan kepada masyarakat, pegawai dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Lombok Barat menunjukkan persentase sangat setuju mencapai 52,38% dan setuju mencapai 47,62%. Black Box Test ditujukan kepada Muhammad Zikri, S.S. Selaku Staff Dinas Kebudyaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Barat dengan hasil 100% setuju

Keywords


Codeigniter; Objek Wisata; Web; Kabupaten Lombok Barat

Full Text:

PDF

References


Budihardjo, E., 1996. Sistem Informasi manajemen. Diktat KPC Pemrograman Bisnis. Bandung : Bidang Pendidikan & Pelatihan Pusat Komputer (PIKSI) Institut Teknologi.

Fajrizal, 2015. Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Pemetaan Pariwisata Kelurahan Sei.Mempura. https://ejurnal.unilak.ac.id/index.php/dz/article/download/153/100(diakses 2 Maret 2016).

Fatansyah, 1999. Basis Data. Bandung : Informatika.

Lestari, Puput, 2013. Sistem Informasi Goegrafis Berbasis Web Untuk Pemetaan Pariwisata Kabupaten Kebumen. http://jurnal.stmikelrahma.ac.id/assets/file/PuputLestari_stmikelrahma.pdf (diakses 2 Maret 2016).

Pribadi, Awan Basuki, 2009. Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter. Bandung : Lako Media.

Prahasta, Eddy, 2002. Konsep-konsep dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung : CV. Informatika

Prahasta, Eddy, 2005. Sistem Informasi Geografis : Tutorial ArcView. Bandung : Informatika.

Pressman, 2003. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi Offset : Yogyakarta.

Sirenden, Bernadus Herdi, DKK. 2012. Aplikasi Peta Menggunakan Codelgniter dan Google Maps API. Yogyakarta : Andi Offset.

Susilo, Nur, 2014. Responsive Web Design

Winiarti, Sri, 2004. Diktat Kuliah Sitem Informasi. Yogyakarta : UAD.

Yolan, 2015. Sistem Informasi Pariwisata Provinsi Nangroe Aceh Darussalam Berbasis Web. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=356186&val=8156&title (diakses 2 Maret 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i3.12390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Subhan Subhan, Rusydi Umar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.