Media Pembelajaran Materi Pengenalan Opengl Pada Mata Kuliah Grafika Komputer

Jamhari Widadi, Murinto Murinto

Abstract


Pembelajaran Grafika Komputer pada materi pengenalan OpenGL bagi sebagian mahasiswa masih sulit dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 10 mahasiswa yang sedang dan yang pernah mengambil mata kuliah grafika komputer, terlihat bahwa jumlah prosentase mahasiswa yang belum memahami materi objek dua dimensi dan tiga dimensi lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi pengenalan OpenGL. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran grafika komputer khususnya pada materi objek dua dimensi dan tiga dimensi agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah memahami materi yang disampaikan dosen. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi pengenalan OpenGL.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, dan metode observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem alpha test. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi pengenalan OpenGL bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil pengetesan tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menunjang pembelajaran Grafika Komputer

Keywords


Grafika komputer; OpenGL; Pembelajaran; Multimedia; Jurnal Sarjana

Full Text:

PDF

References


Partimawati., (2015), Media Pembelajaran Pengenalan Jenis - Jenis Tumbuhan Berbasis Multimedia Studi Kasus (Tk Tunas Melati Yogyakarta), Skripsi Program Sarjana, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Ardiantoro, Gustava., (2014), Media Pembelajaran Materi Visible Surface Determination Pada Mata Kuliah Grafika Komputer, Skripsi Program Sarjana, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Romadhon, Angga Prasetio., (2013), Media Pembelajar Proses Rendering Objek Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia, Skripsi Program Sarjana, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Agus Arif,Setiyawan., (2014), Media Pembelajaran Materi Kurva Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia, Skripsi Program Sarjana, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Maliki, Irfan., (2011), Grafika Komputer, Bandung

Choirunnisa, Ika Rizki., (2013), Grafika Komputer Untuk Mahasiswa Dan Umum, Universitas Negeri Malang

Murinto ., (2011), Petunjuk Praktikum Grafika Komputer, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Murinto., (2011), Diktat Grafika Komputer, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i1.12386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jamhari Widadi, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.