Agen Crawler Alamat Email Menggunakan Metode Breadth-First Crawling

Onie Yudho Sundoro, Andri Pranolo

Abstract


Informasi sangat penting dalam kehidupan, segala sesuatu apapun yang dapat membantu manusia dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi dengan menggunakan media komunikasi. Informasi bisa didapatkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan webcrawler. Web crawler digunakan untuk melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web pada situs internet berdasarkan kata kunci tertentu. Temuan web crawler memiliki jumlah yang sangat banyak sehingga sulit mencari informasi yang spesifik seperti informasi kontak email. Conference and Event Manager (CEM) adalah sebuah website yang menyediakan sarana pembuatan event dan conference ilmiah yang akan dilakukan. CEM membutuhkan email yang banyak untuk publikasi informasi, maka dibutuhkan suatu tools dalam membantu menemukan dan mengumpulkan kontak email yang banyak secara cepat. Agen cerdas meringankan pengguna dari pencarian yang memakan waktu dan membosankan melalui informasi elektronik dari web yang besar dan rumit seperti web crawler. Web crawler ini dikembangkan dengan metode breadth first search untuk menguji dan menelusuri setiap link pada halaman pertama kemudian menelusuri setiap link pada halaman berikutnya begitu seterusnya sampai setiap level pada link telah dikunjungi. Metode penelitian yang digunakan adalah MaSE (Multiagen System Engineering) dalam melakukan rumusan kebutuhan, analisis, desain, dan implementasi. Sistem diuji dengan 2 metode, yaitu Black-box test yang menguji kesesuaian input output aplikasi dan Alpha test yang menguji kesesuaian user requirement aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan web crawler yang menggunakan metode breadth first search untuk pencarian email serta menguji agen crawler alamat email menggunakan metode breadth first search dalam mempermudah pengumpulan email. Hasil dari penelitian ini membangun aplikasi yang dapat mengumpulkan alamat email untuk mengirimkan informasi event atau conference. Hasil pengujian black box test pada aplikasi ini mencapai angka 100% kesesuaian dengan expected result. Sementara hasil pengujian alpha test mencapai angka 52% untuk skala sangat setuju dan 48% untuk skala setuju.

Keywords


Email; Web Crawler; Breadth First Search; Multiagen System Engineering

Full Text:

PDF

References


Ayu, S.P., Rohendi, D., dan Waslaluddin., (2010), Penerapan Cooperative Learning Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Ilmu Komputer UPI,(08): 15-18 pp.

Josi Ahmad, Andretti Leon, dan Suryayusra (2012).Penerapan Teknik Web Scraping Pada Mesin Pencari Artikel Ilmiah. Artikel ilmiah.

Juliasari, N., & Sitompul, J. C. (2012). Aplikasi Search Engine dengan Metode Depth First Search (DFS). BIT Numerical Mathematics, 9(9): 9-10 pp.

Junghoo Cho, Hector Garcia-Molina,and Lawrence. (1998), Efficient crawling through URL ordering, In Proceedings of the Seventh International World Wide Web Conference, pages 161-172 pp.

Koster, M.(1995). Robots in the Web: Threat of Treat?. ConneXions, 9(4). Accessed Agustus 5, 2016 at: http://info.webcrawler.com/mak/projects/robots/threat-or-treat.html

Meek, J.(1995). Intelligent Agents, Internet Information, and Interfaces. Australian Journal of Educational Technology, 11(2): 75-90 pp.

Rivort Pormes (2012). Penerapan Web Crawler dalam pencarian E-Book. Artikel ilmiah

Roesler, M. and Hawjins, D.T. (1994). Intelligent Agents: Software Servants for an Electronic Information World (And more!). Online, 18(4), 18-32 pp.

Sulatri, and E. Zuliarso (2010), Aplikasi Web crawler Berdasarkan Breadth First Search dan Back-Link, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 15(1): 52-56.

Tata Sutabri. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v6i1.12384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Onie Yudho Sundoro, Andri Pranolo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.