APLIKASI SISTEM INFORMASI KEUANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN KONSEP MVC DENGAN FRAMEWORK LARAVEL UNTUK PENCATATAN KEUANGAN DI KELOMPOK PETANI SAYUR HIDROPONIK ASRI 12 KAUMAN YOGYAKARTA

safri adam

Abstract


Kelompok petani sayur hidroponik di RW 12 kauman, Yogyakarta merupakan kelompok tani yang memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan. Sehingga dampaknya terlihat ketika melihat hasil penjualan yang selalu merugi. Hal ini diakibatkan tidak adanya sistem yang menangani masalah keuangan di kelompok petani hidroponik ini. Fitur yang ada pada sistem ini antara lain dapat merancang anggaran bulanan, mendokumentasikan pengeluaran,dan pemasukan, serta dapat mencetak laporan keuangan bulanan dan laba-rugi setiap masa tanam yang telah ditentukan. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat aplikasi sistem informasi keuangan berbasis web menggunakan framework laravel menggunakan konsep MVC. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa aplikasi layak digunakan sesuai kebutuhan pengguna.

References


Dangar, H. (2013). Learning Laravel 4 Application Development. BIRMINGHAM - MUMBAI: Packt Publishing Ltd. Livery Place 35 Livery Street Birmingham B3 2PB, UK.

Jumingan. (2005). Analisis Laporan Keuangan (IV). Surakarta: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12378

Article Metrics

Abstract view : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal