PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHSAN KPK DAN FPB BERBASIS MUTLIMEDIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DI SD IT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA

pebria santi putri

Abstract


Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang penting dalam kehidupan. Mata pelajaran matematika merupakan salah satu materi yang sudah diajarkan sejak sekolah dasar. Berdasarkan observasi yang diperoleh dari 20 siswa terlihat bahwa jumlah presentase 25% siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari matematika khususnya materi kpk dan fpb, dimana siswa perlu mengulang kembali proses pembagian terlebih dahulu, subjek tidak menguasai konsep kelipatan, konsep factor dan penyebab kesalahan lainnya adalah kurang teliti. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, menuntut para pendidik untuk dapat memanfaatkannya dalam meningkatkan daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran, khususnya matematika. Untuk itu perlu dibangun aplikasi media pembelajaran matematika khusunya kpk dan fpb agar dapat digunakan siswa sebagai sarana belajar dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi.

Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia ini adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan proyek, uji coba dan implementasi.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran matematika pada pokok bahasan kpk dan fpb berbasis multimedia layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


References


Sasono Wibowo. (2012). Media Pembelajaran persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat mata pelajaran matematika kelas X. Semarang: Program Studi Sistem Infomasi, Fakultas Ilmu Komputer, Unviersitas Dian Nuswantoro.

Agus Hartanto. (2013). Aplikasi Pembelajaran matematika materi bangun ruang balok dengan aplikasi multimedia interaktif di SD Teguhan Sragen.

Dedi Nugroho. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan Pada Mata Pelajaran Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia. Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Afriki, dkk. (2014). Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Jakarta:Kementrian dan Kebudayaan.

Vaughan, T. 2004. Multimedia: Making It Work. Edisi ke-6. New York: McGraw- Hill Companies.

M. Suyanto. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.

Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Hannah et al. 2012. Multimedia Pembelajaran Seni Musik Berbasis Teknologi Informasi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta

Choirin Nisak (2011). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dalam Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Metode Simulasi pada kelas IV SDN Sisir 05 Batu (Skripsi) . Malang: UMM




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12371

Article Metrics

Abstract view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal