RANCANG BANGUN APLIKASI KASIR PORTABLE ANDROID POS (POINT OF SALE) YANG TERINTEGRASI DENGAN PRINTER DI KAFE KANTIN S15 YOGYAKARTA

gilang pamungkas

Abstract


Kafe merupakan salah satu bentuk usaha yang mengedepankan konsep, teste dan pelayanan. Kafe Kantin S15 adalah kedai kopi yang terletak di jalan Suryadiningratan Nomor 15. Desain sederhana dengan menggunakan meja dan bangku kayu panjang seperti di warung makan biasa. Belum adanya pemanfaatan kasir elektronik. Rekapitulasi transaksi penjualan dan pembelian dilakukan secara manual dan disimpan dalam bentuk file excel setelah kafe sudah tutup sehingga pemilik merasa kerepotan. Bukti pembayaran hanya sekedar form pesanan atau blangko pesanan pelanggan. Tujuan dari penelitian menghasilkan aplikasi kasir tablet android untuk membantu proses transaksi penjualan dan dapat merekapitulasi laporan data transaksi pada pemilik Kafe Kantin S15. Selain itu, ditambahkan fitur pencetakan  kwitansi atau struk kepada pelanggan.

Metodologi yang digunakan yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka, lalu dilakukan analisis data untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Tahap pengembangan sistem berupa perancangan sistem yaitu perancangan proses menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan pemodelan data menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram). Implementasi sistem menggunakan Java Android. Pengujian sistem dilakukan dengan metode Unit Test dan Black Boxt Test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi Kasir Tablet Android untuk digunakan kasir Kafe Kantin S15 dalam transaksi penjualan. Hasil pengujian sistem metode unit test dari class Makanan sudah berjalan dengan lancar dan tidak ada method yang error maupun fail sehingga dapat dinyatakan lolosdan pengujian black box test dapat  disimpulkan  bahwa  aplikasi  berjalan  sesuai dengan apa yang telah dirancang

References


K. Goenawan, Izin Beres Bisnis Sukses, Yogyakarta: Pustaka Grahatama, 2008.

E. Setiawan, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online - arti kata kafe,” 16 4 2012. [Online]. Available: http://kbbi.web.id/kafe. [Diakses 16 4 2015].

Hendry, Membangun Aplikasi Point Of Sale dengan VB 6.0, MySQL, dan PHP, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.

Y. Supardi, Semua Bisa Menjadi PROGRAMMER Android Case Study, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

I. A. R. Ginting, Rancang & Implementasi Point Of Sales (POS) Berbasis Web Pada Distro Previous, Yogyakarta: STMIK Amikom Yogyakarta, 2011.

D. A. Hidayat, Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale (POS) Berbasis Web dengan Pemanfaatan Trigger Pada Distribution Store Cv. Nmrq, Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2014.

A. Jamal dan L. Yulianto, Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi Kasir Menggunakan Barcode Reader Pada Toko dan Jasa Widodo Computer Ngadiharjo Kabupaten Pacitan, Surakarta: Indonesian Jurnal Computer Science, 2013.

Y. O. Jeafri, Y. D. Lulu W dan D. Nurmalasari, Aplikasi Financial Record Income dan Expense Untuk Usaha Perkantoran dengan Menggunakan Metode Common Size Berbasis Android (Studi Kasus : Toko Bintang Satu), Riau: Poltek Caltex Riau, 2012.

M. I. M. E. Putra, Aplikasi Ponsel Berbasis Android untuk Penjualan Pada Kios Eceran Q-Mono Flower, Yogyakarta: STMIK Amikom Yogyakarta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12369

Article Metrics

Abstract view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal