SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI POSYANDU DESA SIDOAGUNG BERBASIS WEB

niken kinanti

Abstract


Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan[1]. Posyandu merupakan satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.Yang paling utama adalah untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melalukan pengumpulan data yang terkait topik penelitian melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem ini diuji dengan 2 metode yaitu pengujian Black-box test dan pengujian alpha test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi administrasi posyandu desa sidoagung berbasis web yang telah diuji dengan di hasilkan sebuah sistem informasi yang membantu  kader posyandu dalam membuat administrasi posyandu dan memudahkan kepala posyandu, puskesmas, desa siaga dan pokja IV dalam mengakses laporan secara real time. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi administrasi posyandu dapat berjalan dengan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya dengan persentase black box test 100 % dan alpha test 100%

References


Tim Reality Publisher, 2008. Surabaya: Kamus Terbaru Bahasa Indonesia.

Mubarak, Wahit Iqbal. (2014), Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsep dan Aplikasi dalam Kebidanan, Jakarta: Salemba Medika.

Mahardika, Raditya. (2013), Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Posyandu di Kecamatan Semarang Selatan, Skripsi: Universitas Stikubank.

Mulyani, Widiana dkk. Pembangunan Sistem Informasi Data Balita Pada Posyandu Desa Ploso Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan, Indonesian Jurnal on Computer Science, FTI UNSA.

Sholihah, Nabila dan Sri Kusumadewi. (2015), Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Ibu dan Anak, Prosiding SNATIF, Kudus.

Eridani, Dania dan Eko D. Widianto. (2014), Simulasi Aplikasi Posyandu Berdasarkan Konsep RFID (Radio Frequency Identification), Jurnal Sistem Komputer.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12368

Article Metrics

Abstract view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal