PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI DIY PADA BIDANG BINA USAHA MENGGUNAKAN METODE COBIT 4.1

nida maisaroh assari

Abstract


Bidang Bina Usaha merupakan salah satu bidang yang terdapat pada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Bidang Bina Usaha mempunyai tugas menyelenggarakan pengembangan usaha, pengolahan dan pemasaran serta pengembangan kelembagaan perikanan. Dinas Kelautan dan Perikanan telah mempunyai manajemen yang mengatur pelayanan terhadap pelanggan tetapi dalam pelaksanaannya belum sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan.Kurang sesuainya manajemen pelanggan yang ada dengan kebutuhan pelanggan menyebabkan tidak maksimal dalam pelayanan customer. Oleh karena itu pelayanan kepada masyarakat pada bidang dirasa masih belum optimal, hal ini yang mendasari pembuatan model CRM pada Bidang Bina Usaha.

Subyek yang akan dibahas pada penelitian ini adalah “Model Customer Relationship Management(CRM) di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY pada Bidang Bina Usaha Menggunakan COBIT 4.1”. Adapun tahapan dalam pembuatan model CRM ini antara lain pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, survey, analisis yaitu analisis kondisi saat ini, analisis kondisi yang diharapkan, dan pembuatan model CRM dengan menggunakan metode COBIT 4.1 berdasarkan customer prespektif dilakukan dengan pembuatan proses bisnis baru, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur jaringan, pembuatan model CRM serta uji kelayakan model dan rekomendasi.

Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: “Kerangka Model CRM di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY pada Bidang Bina Usaha menggunakan Metode COBIT 4.1” yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui sistem informasi yang disarankan untuk dikembangkan. Hasil Uji Kelayakan Model menunjukkan bahwa 100% responden menyutujui bahwa model CRM yang diusulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu meningkatkan pelayanan DKP DIY khususnya pada Bidang Bina Usaha sebagai bahan acuan dimasa mendatang, sehingga terjalin hubungan yang kondusif dengan customer

References


ITGI. 2007. COBIT ver 4.1: Framework, Control Objectives, Management

Guidelines, Maturity Models. Rolling Moeadow, IL 60008 USA

Surendro, Kridanto.2009. pengembanganrencanainduksisteminformasi.

Bandung :Informatika

Surendro, Kridanto.2009. Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi.

Bandung: Informatika




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12367

Article Metrics

Abstract view : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal