APLIKASI MOBILE UNTUK MONITORING TASK DAN KOMUNIKASI DAILY SCRUM PADA SCRUM PROJECT MANAGEMENT

muhammad reza

Abstract


Selama masa pengembangan dan pelaksanaan perlu dilakukan monitoring dan pengendalian untuk mengetahui apakah proyek tersebut sudah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang diinginkan. Berdasarkan salah satu prinsip dari agile manifesto, yaitu  "Metode yang paling efisien dan efektif untuk menyampaikan informasi ke dan dalam tim pengembangan adalah percakapan tatap muka". Offshore outsourcing development tampaknya menentang scrum dalam beberapa hal, salah satunya adalah karena scrum mengharuskan komunikasi tatap muka antar anggota tim scrum, namun definisi offshore development adalah jarak yang jauh antar anggota tim. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk menghasilkan aplikasi mobile yang dapat mengadopsi komunikasi daily scrum dalam framework scrum dan monitoring tugas proyek.

Dalam pembuatan aplikasi mobile untuk monitoring task dan daily scrum pada scrum project mangement,menggunakan salah satu kerangka kerja dari metodologi agile, yaitu Scrum. Scrum memiliki 4 acara utama, yaitu Sprint Planning Meeting, Implementasi dan Daily Scrum,Sprint Review, dan Sprint Retrospective. Implementasisistem menggunakan Java Android.Sistem diuji dengan 2 metode, yaitu Junit test, Black-box test, dan Usablity test.

Hasil dari penelitian ini aplikasi mobile untuk monitoring task dan daily  pada scrum project mangement.  Sistem telah diuji dengan hasil 15 fungsi dan 9user storiesberjalan dengan sesuai.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi sudah dapat digunakan denganbaik

References


Fowler, Martin.(2006). Using an Agile Software Process with Offshore Development. Diunduh dari www.it.uu.se/edu/course/homepage/acsd/ht03/Fowler.pdf

Gray, Clifford F. and Larson, Eric W. (2006). Proyek Management: The Managerial Process 3th Edition, Singapore: The McGrraw-Hill Companies. Inc.

Holmes, Steve J. and Walsh, Robert T. (2005).Conducting Effective Proyek Management Maturity Assessment Interviews.IMSI TECH 2005.Integrated Management Systems, Inc., Ann Arbor, MI. Diunduh dari www.imsi-pm.com/home/library/ conducting_assessment.pdf.

Kerzner, Harold. (2001). Proyek Management: A Systems Approach to Planning, Scheduling, and Controlling - 7th Editions. Canada: John Wiley & Sons.

Khan, A.R. et al., 2013. Web based Software Proyek Management using Android Mobile. International Journal Of Next Generation Computer Applications, 1(7), pp.1–5. Available at: http://ijngca.com/Papers/IJNGCA25032013.pdf.

Noerlina. (2008). Perencanaan Manajemen ProyekSistem Informasi Dan Teknologi Informasi Online Bisnis, Jurnal Piranti WartaVol.11 No.3 Agustus 2008: 440-450

Schwaber K dan Sutherland J. (2013).Scrum Guide ID. Tersedia pada http://www.scrumguides.org/




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12366

Article Metrics

Abstract view : 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal