PENGUKURAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMERSATISFACTION INDEX (CSI)

Martin Sarlina, Tedy Setiadi

Abstract


Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta terdapat empat perpustakaan setiap masing-masing kampus sebagai tempat proses belajar mengajar secara efektif. Proses pengukuran kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan dengan cara memberikan penilaian dalam bentuk manual (kuisioner). Model pengukuran seperti ini dapat menyebabkab kesalahan karena dalam merekap data pemustaka yang telah mengisi kuisioner tidak terstruktur bahkan terjadi duplikasi data yang disebabkan oleh proses pendataan yang berulang-ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi pengukuran kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan dengan menggunakan metode customer sasisfaction index (CSI)

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan pengumpulan data terkait topik penelitian melalui observasi, wawancara, eksprimen, dan studi pustaka. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi aplikasi pengukuran kepuasan pemustaka agar sesuai dengan kebutuhan. Implementasi aplikasi yang digunakan adalah PHP dan MySQL

Aplikasi diuji dengan dua metode, yaitu pengujian blackbox test yang akan dilakukan oleh pustakawan perpustakaan dan pengujian alpha test yang dilakukan oleh 30 responden. Dengan demikian dalam pembuatan fitur-fitur yang didalam aplikasi berjalan dengan baik, hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya sebuah aplikasi pengukuran kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Kata Kunci : pengukuran kepuasan pemustaka, kualitas pelayanan, customer satisfaction indeks

Full Text:

PDF

References


Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2012. Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Andi

Eriksson H-E and Penker M. 1998. UML Toolkit. John Wiley & Son Inc.

Pressman. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak [Pendekatan praktis (buku satu)]. Yogyakarta: Andi.

Kristanto. 2004. Konsep & Perancangan Database. Yogyakarta: Andi.

Husna, Siti, 2014. Penerapan customer satisfaction index (CSI) dan analisis GAP pada kualitas pelayanan trans jogja. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Martin Sarlina, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.