PENGEMBANGAN APLIKASI KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA BERBASIS MOBILE

M. Akhwan Zulfayandi, Tedy Setiadi

Abstract


Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, dikarenakan memiliki beberapa objek dan daya tarik wisata yang beraneka ragam, sehingga menjadi tujuan wisata baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu terobosan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta adalah dengan mengembangkan kampung sebagai varian baru tempat tujuan wisata yang sekaligus turut melestarikan budaya jawa serta peninggalan sejarah yang terkandung di dalamnya. Pada saat ini, kampung wisata serta event-event yang akan diadakan masih diinformasikan melalui brosur sehingga masyarakat yang mendapatkan informasi terbatas, pengelolaan daftar pemesanan paket dan kunjungan wisata masih dilakukan secara manual, dan kurangnya sarana bagi wisatawan untuk memberikan saran dan masukan kepada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Tahap pengembangan meliputi analisis kebutuhan user,  pembuatan use case diagram, activity diagram, class diagram dan rancangan tabel. Implementasi pada aplikasi mobile android menggunakan aplikasi Eclipse IDE, sedangkan pada pada bagian web admin dan web service menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan MySQL sebagai media penyimpanan data. Pada tahap pengujian sistem menggunakan metode Black Box Test.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi kampung wisata kota Yogyakarta berbasis mobile yang mampu mempermudah wisatawan untuk memperoleh informasi kampung wisata dan melakukan transaksi pemesanan paket wisata, sekaligus memudahkan Dinas Pariwisata dan pengelola kampung dalam merekap data kunjungan dan pemesanan paket wsisata..

Kata Kunci : kampung wisata, mobile, web, yogyakarta.

References


A, Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata (Edisi Revisi). Angkasa : Bandung.

Amrullah, F. 2015. Sistem Informasi Geografis mencari tempat bersejarah di Mojokerto berbasis Android. Skripsi. Sidoarjo : Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Arief, M. Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. ANDI: Yogyakarta.

Buyens, Jim. 2001. Web Database Development. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Darma, I Gusti N., dkk. 2012. Perancangan Aplikasi Mobile City Directory Yogyakarta Berbasis Android. Magister Teknik Informatika Universitas Atma Jaya : Yogyakarta.

Dharwiyanti, S. & Wahono, R.S. 2003. Pengantar Unified Modelling Language (UML). IlmuKomputer.com, pp.1-13. Available at : http://mirror.unej.ac.id/iso/dokumen/ikc/yanti-uml.pdf.

Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Yogyakarta. Profil. 2 April 2015, dari

http://pariwisata.jogjakota.go.id/.

Fandeli, Chahid dan Mukhlisom. 2000. Pengusahaan Ekowisata. Yogyakarta : Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Grimaldi, Suryadi., dkk. 2013. Implementasi Web Service Untuk Mobile Commerce. Teknik Informatika Universitas Tarumanegara.

http://www.json.org/json-id.html, Jumat 28 Mei 2015, JavaScript Object Notation.

Lukito W, Putranto. 2013. Sistem Informasi Geografis Kampung Wisata Kota Yogyakarta Berbasis Web dengan Memanfaatkan Google Map. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Mandia, I Nyoman. 2008. Pembangunan Pariwisata Budaya (Studi Kasus di Bali. Jurnal Kepariwisataan Indonesia Vol 3 No. 2 Juni 2008.

Purnama, Rangsang. 2010. Mari Mengenal J2ME. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Safaat H, Nazruddin. 2014. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Revisi Kedua). Informatika : Bandung.

Safaat H, Nazruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi). Informatika : Bandung.

Sucista, Agus. 2012. Pengembangan Sistem Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Pencarian ATM dan Pom Bensin Terdekat Berbasis Android. Skripsi. Yogyakarta: Amikom.

Sulistyaningsih. 2014. Aplikasi Informasi Wisata Solo Menggunakan Eclipse Berbasis Android. Skripsi. Depok : Universitas Gunadarma.

Suwena, I.K., & Widyatmaja, I.G.N. 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata.Bali : Udayana University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal