SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMPERKIRAKAN PERSEDIAAN BARANG DI TOKO PANDANARAN WONOSOBO

Pandu Herwijaya, Sri Winiarti

Abstract


Selama ini toko PANDANARAN dalam memperkirakan persediaan barang menggunakan perkiraan pemilik saja yaitu dengan metode barang yang sudah habis baru akan beli barang lagi dan tingginya pesanan konsumen dalam menentukan persediaan barang. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi pendukung keputusan untuk membantu toko Pandanaran dalam memperkirakan persediaan barang dengan menggunakan metode ROP. Dan menguji sistem untuk memperkirakan persediaan barang di toko  PANDANARAN dengan menggunakan metode ROP.

Metodologi yang digunakan untuk membuat aplikasi sitim pendukung keputusan untuk memperkirakan persediaan barang dalam penelitian ini adalah dengan melakukan investigasi (observasi,wawancara, dan kajian pustaka), anlisis, perancangan sistem dan implementasi. Dalam perancangan sistem terdapat beberapa tahapan untuk pengembangan system seperti perancangan diagram, perancangan DFD, perancangan Mapping table, perancangan tabel, perancangan form, perancangan interface, perancangan halaman login, dan desain halaman utaman. Setelah mengimplementasikan rancangan sistem menjadi sebuah sistem pendukung keputusan dilakukan pengujian sistem yaitu dengan black box test dan alfa test.

Hasil sistem pendukung keputusan untuk memperkirakan persediaan barang di Toko Pandanaran Wonosobo adalah dapat memberikan informasi tentang stok barang yang akan dibeli menggunakan metode ROP dan diharapkan dapat menyelesaikan masalah tentang persediaan barang yang terjadi di Toko Pandanaran Wonosobo. Pengujian system dilakukan dengan balck bos test dengan presentase 100% dan alpha test dengan presentase 100%.

Kata Kunci : persediaan barang,  ROP, sistem pendukung keputusan.


References


Setiyawati, A.D., Sulis, J.H. dan Yoppy, M.M. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Barang Menggunkan Metode Electre. Skripsi Program Sarjana STIKOM Surabaya. Surabaya.

Efraim, Turban dkk. 2005. Decision Support System And Intelligent System. Andi. Yogayakarta.

Roger, Pressman. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak. Pendekatan praktisi (buku 1). Yogyakarta.

Dermawan, Sjahrial. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan ( Finance Management), Jakarta, Media.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. ANDI. Yogyakarta.

Suryantara. I Gusti Ngurah. 2015. Merancang Aplikasi Distributor dengan VB.NET.GRAMEDIA. Jakarta.

Nugroho. Bunafit, Indriyana. Indah. 2007. Membuat Aplikasi Database SQL Server Dengan Visual Basic 6.0 studi kasus : Membuat Sistem Informasi Apotik. GAVA MEDIA. Yogyakarta.

Mulyanto, Aunur R. 2008. Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Harjanto, Eddy 2008. Manajemen Operasi Edisi ke-3. Grasindo. Jakarta.

Kieso, Donald. E, et .al. 2009. Akuntansi Intermediate. Edisi ke-12 Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Rangkuti, Freddy 2007. Manajemen Persediaan. Rajawali Pers. Jakarta.

Martani, Dwi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jilid 1. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10841

Article Metrics

Abstract view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal