SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN JENIS TANAMAN UNTUK REBOISASI PADA DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN KEBUMEN BERBASIS WEB

Puguh Drajat Eka Putra, Sri Winiarti

Abstract


Dinas Kehutanan dan Pertanian Kab. Kebumen adalah salah satu dinas yang mengelola area hutan dan pertanian di wilayah kebumen. Reboisasi yang berarti penanaman kembali pohon dengan memperhatikan unsur manfaat yang akan dicapai. Selama ini dalam pemilihan pohon masih menggunakan sistem manual dengan perkiraan manfaat yang diambil, selainitudinas kehutanan kesulitan dalam menentukan jenis tanaman reboisasi yang sesuai dengan kondisi lahan. Hal ini karena penentuan jenis tanaman masih dilakukan secara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan menentukan jenis tanaman untuk reboisasi hutan yang memudahkan staf dinas menentukan jenis tanaman yang layak tebang.

Subyek penelitannya adalah membangun sistem menentukan jenis tanaman untuk reboisasi. Data yang digunakan sebagai kriteria reboisasi Orologis, Hidrologis, Klimatologis, Ekologis, Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dengan melakukan pengamatan daerah, metode literature dengan menggunakan data-data dari buku dan internet, dan metode wawancara dengan pengumpulan data secara langsung ke dinas kehutanan dan perkebunan.Kemudian dilakukan analisis data, deskripsi kebutuhan sistem dan pembuatan diagram alir data. Tahap selanjutnya adalahpengujian sistem menggunakan metode pengujian penerimaan dan pengujian usability system.

Berdasarkan hasil pengujian penerimaan dan pengujian usability sistem pendukung keputusan menentukan jenis tanaman untuk reboisasi hutan diperoleh presentase sebesar 95.8% pertanyaan yang mampu dijawab, 4.16% pertanyaan tidak dapat terjawab oleh staf dinas.

 Kata kunci: Analytic Hierarchy Process ( AHP ), Sistem Pendukung Keputusan, Tanaman Reboisasi, Usability.


References


Kusumaningrum R, Nur Endah S (2014), Sistem Pendukung Keputusan Menganalisa Kesesuaian Jenis Vegetasi Mangrove menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP), Universitas Diponegoro, Semarang.

Indah Kumala Sari. 2011.Sistem pendukung keputusan penentuan lokasi gudang di perusahaan dengan metode weighted product.Politeknik Caltex Riau- Jl Umbansari no1 Pekanbaru

H.S. Silvia. 2013.Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop. MEDAN: STMIK BUDIDHARMA. Tersedia : http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/4216.pdf.

Kusrini. 2005.Pengertian Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Nielsen J. 2012. Usability 101: Introductionto usability. Alertbox. [Online]. Available:http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introductiontousability/.

Syahroni. 2003. Data Flow Diagram. [Online] Available :

www.academia.edu/9582543/Bab_2_Landasan_teori_sistem_informasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10840

Article Metrics

Abstract view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal