PENGEMBANGAN WEBSERVICE SEBAGAI MEDIA PERTUKARAN DATA APLIKASI SCRUM PROYEK MANAJEMEN DENGAN TEKNOLOGI RESTFUL

Pratama Setya Aji, Herman Yuliansyah

Abstract


Scrum adalah sebuah kerangka kerja untuk mengembangkan dan mengelola produk kompleks, di mana pada saat bersamaan menghasilkan produk dengan nilai setinggi mungkin secara kreatif dan produktif. Metode komunikasi yang di gunakanpun ada dua, yaitu pertemuan secara langsung dan melalui media chating aplikasi scrum, Namun keberadaan dua alternatif tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan komunikasi dalam scrum, Untuk itu perlu dikembangkan sistem komunikasi yang berguna sebagai sarana monitoring proyek. Sarana itu dapat diwujudkan dalam bentuk komunikasi aplikasi mobile dan aplikasi web. Untuk mengkomunikasikan kedua hal tersebut dibutuhkan suatu webservice. Salah satu dari teknologi pengembangan webservice adalah restful.

Dari Permasalahan tersebut muncul gagasan untuk mengembangkan web service sebagai media pertukaran data aplikasi scrum proyek manajemen dengan teknologi restful. Aplikasi harus terkoneksi dengan basis data aplikasi web scrum agar dapat terintegrasi dengan aplikasi mobile scrum. Untuk itu sistem yang dibangun membutuhkan API KEY dan validasi data yang menjadi sarana pengamanan antara aplikasi dengan basis data. Pengujian aplikasi menggunakan metode white-box test dan stress test.

Dari penelitian ini dihasilkan Web Service Sebagai Media  Pertukaran Data Aplikasi Scrum Proyek Manajemen Dengan Teknologi Restful yang memiliki fitur keamanan akses melalui validasi data dan perlindungan url dengan api key sebagai alat bantu untuk menghubungkan aplikasi web dan aplikasi mobile. Serta aplikasi webservice yang dihasilkan telah teruji dapat diakses 1540 user dan berfungsi sebagaimana mestinya untuk media pertukaran data.

Kata Kunci :Scrum, Manajemen, Webservice, Restful, Apikey.


References


Holmes, Steve J. and Walsh, Robert T. (2005). Conducting Effective Proyek Menejemen Maturity Assessment Interviews. IMSI TECH 2005. Integrated Menejemen Systems, Inc., Ann Arbor, MI. Diunduh dari www.imsi-pm.com/home/library/ conducting_assessment.pdf, 13 November 2008.

Gray, Clifford F. and Larson, Eric W. (2006). Proyek Menejemen: The Managerial Process 3th Edition, Singapore: The McGrraw-Hill Companies. Inc.

Kerzner, Harold. (2001 a). Proyek Menejemen: A Systems Approach to Planning, Scheduling, and Controlling - 7th Editions. Canada: John Wiley & Sons.

Microsoft Corp. (2000) Application Service Provider: Evolution and Resources,White Paper, USA.

Bougettaya, A., Sheng, Q.Z., Advanced Web Services, Springer 2014

Richardson, L., Ruby, S.,RESTful Web Services, O’Reilly , California 2007

Siswoutomo, W., 2004, Membangun web service Open Source menggunakan PHP, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Kreger, H., 2001, Web-services Conceptual Architecture (WSCA 1.0), IBM Software Group, USA

Sandoval, Jose., 2009, RESTful Java Web Service , First Edition, Packt Publishing, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal