RANCANG BANGUN APLIKASI WEB UNTUK MANAJEMEN PROYEK BERBASIS SCRUM

Adi Alamsyah, Herman Yuliansyah

Abstract


Proyek merupakan usaha yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk yang unik atau jasa yang belum pernah ada sebelumnya serta memiliki awal dan akhir. Proyek yang besar akan akan sangat kompleks dalam pelaksanaannya, sehingga perlu adanya manajemen proyek yang mengatur dan mengelola kegiatan dalam proyek tersebut. Dalam manajemen proyek perangkat lunak ada salah satu kerangka kerja yang cara kerjanya menggunakan pendekatan Agile, kerangka kerja tersebut ialah Scrum. Ada sangat banyak aplikasi-aplikasi dalam manajemen proyek perangkat lunak berbasis Scrum, namun ada beberapa aplikasi tersebut untuk dapat memanfaatkannya developer harus membeli license atau berbayar. Selain itu ada banyak aplikasi yang bebas license namun ada beberapa fitur penting yang tidak tersedia difitur aplikasi tersebut seperti burndown chart developer harus menggunakan alat bantu lainnya untuk merefleksikan progress dari proyek perangkat lunak dan masih mengurutkan sendiri prioritas dan penjadwalan pada setiap task.

Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah Manajemen Tugas Proyek di Universitas Ahmad Dahlan. Metode pengumpulan data dengan studi literatur, observasi dan wawancara. Tahapan pengembangan aplikasi meliputi penentuan product backlog, mengadakan acara sprint planning meeting, implementasi serta daily scrum, sprint review, dan sprint retrospective. Pengujian aplikasi menggunakan metode white-box test idan black-box test.

Dari penelitian ini dihasilkan sebuah Aplikasi web Manajemen Proyek berbasis Scrum yang memiliki fitur burndown chart sebagai alat bantu untuk merefleksikan progress dari proyek perangkat lunak dan fitur untuk membuat prioritas dan penjadwalan. Serta aplikasi web yang dihasilkan telah teruji 100% dapat berjalan dengan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya untuk mengelola  Manajemen Proyek berbasis Scrum.

Kata Kunci : Manajemen, Proyek, Scrum, Broduct Backlog, Sprint.


References


Heldman, K. & PMP. 2011. Project Management JumpStart Third Edit. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Komunitas Scrum Indonesia. 2015. Tips Adopsi Scrum. Available at: http://scrum-indonesia.org/tips-adopsi-scrum/ [Accessed September 20, 2015].

Lock, D. 2007. Project Management Ninth Edit. Hampshire GU11 3HR: Gower.

Pressman, Roger S. & Maxim, Bruce R. 2015. Software Engineering : A Practitioner's Approach Eighth Edition. New York : McGraw-Hill Education.

Putranto, D.C. et al. 2013. Rancang bangun aplikasi manajemen proyek untuk pemantauan dan mengelola batas waktu pada blung studio. (5).

Sutherland, J. & Schwaber, K. 2013. The Scrum Guide TM. In Scrum.Org and ScrumInc. Available at: Scrum.Org.

Utomo, P. & Prayitno, F.W. 2015. Perancangan Dashboard Sistem Informasi Untuk Agile Manajemen Proyek dengan Menggunakan JIRA – Studi Kasus di PT . FLASHiZ Indonesia. Sisfotek Global, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10834

Article Metrics

Abstract view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal