PENGEMBANGAN SISTEM INDEKS KINERJA DOSEN DENGAN MEMANFAATKAN REST API UNTUK MENGETAHUI KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Fakhrurrozi Fakhrurrozi, Fiftin Noviyanto

Abstract


Dosen mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan bidang pendidikan. Untuk melaksanakan fungsinya dengan baik, dosen wajib untuk memiliki syarat tertentu, salah satu diantaranya adalah kompetensi. Syarat kompetensi tersebut ditinjau dari perspektif administratif, ditunjukkan dengan adanya sertifikat. Kompetensi pada dosen dapat dinilai dengan tiga komponen, yaitu kehadiran dosen saat mengajar dikelas (K1), ketepatan waktu saat dosen menyerahkan nilai (K2), dan penilaian terhadap dosen (K3). Dari sembilan fakultas di Universitas Ahmad Dahlan satu fakultas sudah melakukan penilaian kompetensi dosen secara online. Fakultas Teknologi Industri sudah melakukan penilaian kompetensi dosen secara online, akan tetapi pengumpulan komponen penilaian masih menggunakan cara manual, data kehadiran dosen saat mengajar dikelas (K1) sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIA), data ketepatan waktu saat dosen menyerahkan nilai (K2) masih input manual ke dalam sistem oleh petugas, dan penilaian mahasiswa terhadap dosen (K3) saat ini masih membagikan kuisoner dengan jumlah 30 sebagai sampling setiap kelas. Hal tersebut kurang efisien, maka pada penelitian ini dilakukan pengembangan sistem indeks kinerja dosen dengan memanfaatkan REST API di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan metode literature. Kemudian di analisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Pada tahap implementasi memanfaatkan framework PHP dan web service. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 metode, yaitu Black Box Test dan System Usability Scale.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem indeks kinerja dosen dengan memanfaatkan REST API SIA, dan membuat fungsi pada sistem indeks kinerja dosen agar dapat digunakan oleh pengguna dengan Standar Operasional (SOP) yang berlaku di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Hasil pengujian sistem dengan Black Box Test semua fungsi telah berjalan dengan baik dan System Usability Scale menghasilkan kategori acceptable.

Kata Kunci : Black Box Test, Indeks Kinerja Dosen, System Usabilty Scale.

References


Andri Wahyu Septo Putra, Sri Huning A, Suryono., 2012. Sistem Informasi Penilaian Indeks Kinerja Dosen Universitas Sahid Surakarta.

Basuki, Awan Pribadi., 2010. Membangun Web Berbasis PHP dengan framework CodeIgniter. Yogyakarta : Lokomedia.

Fauzi, Danang Nur., 2011. Pengembangan Aplikasi Sistem Pengukuran Competency Level Index Berbasis Web (Studi Kasus Perum Perhutani Kantor Unit III).

Gordon, B. Davis. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, PPM. Jakarta.

Hamzah, Suyoto, Mudjihartono Paulus., 2010. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen dengan Metode Scorecard (Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta).

M. Miftakhul Amin., 2012. Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Indeks Kinerja Dosen (IKD) dan Karyawan (IKK) Perguruan Tinggi Darmajaya Berbasis Internet.

Michael, Siregar, Ivan, dan Johanes Purba., 2012. Membongkar Teknologi Pemrograman Web Service. Yogyakarta : Gava media.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10832

Article Metrics

Abstract view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal