SISTEM PAKAR DALAM PENDETEKSIAN GANGGUAN KEJIWAAN DENGAN METODE PENALARAN BERBASIS KASUS

Yunita Tri Hernawati, Sri Winiarti

Abstract


Gangguan jiwa adalah perubahan suasana perasaan dan perilaku yang terjadi tanpa alasan yang jelas, dan menyebabkan kendala terhadap diri sendiri atau orang lain. Sementara informasi mengenai diagnosa awal gangguan jiwa tidak begitu banyak ditemui di masyarakat sehingga banyak yang tidak mengerti mengenai penanggulangan gangguan jiwa saat ini. Salah satu jenis penyakit gangguan jiwa yang sering terjadi adalah gangguan jiwa Schizophrenia. Berdasarkan permasalahan ini, maka penulis membangun sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk mendeteksi gangguan jiwa Schizophrenia secara dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu aplikasi sistem pakar gangguan kejiwaan Schizophrenia yang dapat membantu pakar untuk mendiagnosa gangguan kejiwaan secara efisien. Tahap pengembangan aplikasi yang dibangun meliputi desain basis pengetahuan, desain model, alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data, implementasi dan pengujian. Adapun metode yang digunakan adalah metode Penalaran Berbasis Kasus dengan metode perhitungan kemiripan (Similarity). Sedangkan untuk pengujian dari sistem ini adalah dengan pengujian One Sample T Test dengan menggunakan dua metode yaitu Uji Penerimaan Sistem dan Uji Usability Sistem. Kesimpulan yang didapat dari sistem setelah dilakukan analisa dan pengujian sistem adalah dapat memberikan pengetahuan serta kemudahan bagi masyarakat untuk mengetahui awal gangguan jiwa Schizophrenia dengan cara melakukan konsultasi sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat untuk memberi saran pada gangguan jiwa yang diderita.

Kata kunci : Penalaran Berbasis Kasus, Similarity, Sistem Pakar, Schizophrenia.

Full Text:

PDF

References


Aamodt, A., dan Plaza, E., 1994, Case-Based Reasoning: Foundational Issue, Methodological Variations, and System Approaches, AI Communications.

Avramenko, Yuri, 2008, Case Based Design Applications in Process Engineering : Springer.

Buletin Kesehatan : Bisakah Penyakit Skizofrenia Disembuhkan

http://buletinkesehatan.com/bisakah-penyakit-skizofrenia-disembuhkan/ (diakses pada 20 Februari 2015)

Cholis, Nor, 2013, Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Medis Pada Penyakit Sistem Peredaran Darah Menggunakan Case Based Reasoning, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Ibrahim, Nur Khafi, 2014, Sistem Pendukung Keputusan Klinis Untuk Mengefisiensikan Diagnosa Penyakit Kejiwaan Menggunakan Case Based Reasoning, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Pal, K. S, dan Shiu, K.C.S, 2004, Foundation of Soft Case-based Reasoning, A John Wiley & Sons, Inc., Publication, New Jersey.

WHO (World Health Organization) : Schizophrenia http://www.who.int/mental_health/management/schizophrenia/en/index.html (diakses pada 20 Februari 2015)

WHO, 1993, Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa di Indonesia III (PPDGJ III), Departemen Kesehatan R.I Direktorat Jendral Pelayanan Medik, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10822

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal