MEDIA PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES

Yan Adhi Permadi, Murinto Murinto

Abstract


Renang adalah olahraga yang menyenangkan serta bermanfaat bagi perkembangan tubuh baik otot-otot tubuh maupun kekuatan jantung dan paru. Selain itu renang merupakan kemampuan untuk penyelamatan darurat di dalam air bagi seseorang. Pada proses pembelajaran renang, keberhasilan penguasaan keterampilan ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor diri siswa didik, faktor pengajar, faktor sarana prasarana, faktor lingkungan, dan faktor strategi pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan multimedia pembelajaran renang sebagai alat peraga renang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan suatu metode belajar dengan tujuan meningakatkan minat dan pemahaman siswa dalam materi renang, sehingga dapat menunjang pembelajaran renang.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo yang dikemukakan oleh Sutopo (2003). Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan sistem ini berdasarkan metodologi tersebut diantaranya adalah : 1) concept, 2) Design, 3) Material Collecting, 4) Assembly, 5) Testing, 6) Distribution.

Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat memvisualisasikan gerakan renang gaya bebas, serta memvisualisasikan teknik meluncur yang baik dan benar berupa animasi dan video. Hasil pengujian sistem dengan metode Black Box Test terhadap fungsi aplikasi diperoleh hasil lulus dan metode Alpha Test terhadap 20 responden dengan presentase 81% menyatakan setuju dan dapat dipergunakan.

Kata kunci : Media pembelajaran, Penjasorkes, Renang

Full Text:

PDF

References


Bandi Bandi, U. 2011. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ikhsan, J. 2011. Penggunaan Alat Dan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Kelas V SD N Babakan Hurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, E. 2011. Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Renang. Jurusan Pendidikan Olahraga, FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Istiana, A. 2010. Pembelajaran Gerakan Renang Untuk Mata Pelajaran Penjaskes Berbasis Multimedia Untuk Tingkat SD. Amikom, Yogyakarta.

Susanto, E. 2011. Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Renang. Jurusan Pendidikan Olahraga, FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Erlina. 2012. Melalui Metode Visualisasi Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Way Halom Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus Tahun 2011/2012. Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Sismadiyanto.,Susanto, E. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Rahayu, N. 2013. Desain Multimedia. Malang: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia.

Sutopo, A. H. 2003, Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yan Adhi Permadi, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.