APLIKASI GAME PEWAYANGAN KISAH HANOMAN DUTA

Slamet Ariyanto, Fiftin Noviyanto

Abstract


Wayang kulit merupakan salah satu kebudayaan yang dikagumi oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional. Kesenian wayang telah diangkat sebagai karya agung budaya dunia oleh UNESCO tanggal 7 November 2003 atau Masterpiece of Oral And Intangible Heritage of Humanity. Sayangnya, minat generasi muda Indonesia untuk mempelajari wayang dan budaya tradisional lainnya hingga kini tetap rendah. Hal tersebut dikarenakan upaya sosialisasi budaya tradisional di berbagai daerah sampai sekarang belum memadai.Seni pertunjukan wayang mulai ditinggalkan generasi muda yang lebih menyukai hiburan-hiburan modern, sepertitelevisi, dan playstation. Untuk mengenalkan wayang kepada generasi muda diperlukan terobosan-terobosan atau cara-cara baru yang inovatif salah satunya dengan media-media yang popular di kalangan anak muda yaitu dengan dibuatnya game.

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi dibagi menjadi dua, yaitu metode analisis dan perancangan.Metode analisis dilakukan melalui studi pustaka, dan analisis game sejenis. Sedangkan metode perancangan dilakukan melalui perancangan game. Implementasi system menggunakan RPG Maker Vx Acedan perangkat lunak pendukung lainya seperti CoralDraw, Photoshop, Paint dan Neundo Standar Editing Audio. Aplikasi hasil implementasi diuji dengan dua metode yaitu Alpha Test dan Black Box Test.

Hasil penelitian ini diperoleh sebuah Aplikasi yang mampu memberikan alternatef hiburan dan dapat menjadi media pengenalan wayang yang menarik bagi generasi muda Indonesia. Aplikasi yang dihasilkan berupa game RPG (Role Playing Game) Hanoman Duta dengan konten wayang berlatar kisah Hanoman Duta.

Kata kunci : Game, RPG (Role Playing Game), Hanoman Duta, Budaya.

Full Text:

PDF

References


Asmail Andang, 2009, Educaation Game: Permainan yang Menjadian Anak AndaCerdas, Kreatif dan Saleh, Pro-U Media, Yogyakarta

Haryanto. 2013. â€game perang batarayuddha berbasis J2MEâ€. Skripsi.Yogyakarta : STIMIK AKAKOM.

Jasson, 2009, Role Playing Game (RPG) Maker, Yogyakarta : Andy Offset.

J. Syahban Yasasusastra, 2011, Mengenal tokoh pewayangan: biografi, bentuk, dan perwatakannya : tokoh wayang dewa, tokoh wayang Ramayana, tokoh wayang Mahabharata, Yogyakarta: Pustaka Mahardika.

Nurfitria, Widyahsri Ella. 2012.Aplikasi Game Side Scrolling Jaka Tarubdan 7 Bidadari. Skripsi.Yogyakarta :Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Slamet Ariyanto, Fiftin Noviyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.