PENGGABUNGAN STEGANOGRAFI LSB DAN LCG UNTUK PENGAMANAN DATA DOKUMEN PADA FILE GAMBAR

Dzulkifli Nur Rahman, Eko Aribowo

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini berjalan sangat pesat dalam berbagai aspek. Salah satu aspek yaitu internet, yang memungkinkan untuk terhubung keseluruh dunia tanpa batas ruang dan waktu. Dengan internet akan memudahkan untuk saling berbagi informasi digital yang dapat berbentuk teks, gambar, audio maupun video. Selain kemudahan yang ditawarkan, tentunya ada ancaman keamanan yang dihadapi seperti mengakses informasi yang bukan menjadi haknya. Dengan adanya resiko tersebut perlu dibuat sebuah mekanisme untuk mengatasi ancaman keamanan. Melindungi data digital menggunakan enkripsi teks biasa masih mengundang kecurigaan bagi pihak yang melihatnya. Oleh karena itu informasi perlu disamarkan ke media tertentu.

Subjek dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengimplementasikan steganografi untuk mengamankan data menggunakan metode least significant bit dan linear congruential generator. Tahap penelitian dimulai dari pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka, browsing dan running program steganografi. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi analisis sistem, analisa kebutuhan, perancangan DFD (Data Flow Diagram), perancangan antarmuka, implementasi program dan pengujian sistem menggunakan black box test dan alpha test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi penggabungan steganografi lsb dan lcg untuk pengamanan data dokumen pada file gambar yang dapat digunakan untuk menyembunyikan file dokumen berformat .doc dan .docx ke dalam sebuah file gambar berformat bitmap dengan menggunakan password. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu melakukan proses penyisipan dan penguraian pesan dan berguna untuk mengamankan data.

Kata kunci : Steganografi, Kriptografi, Least Significant Bit, Linear Congruential Generator


Full Text:

PDF

References


Eko Aribowo, “Implementasi dan Analisis Metode Steganography Least Significant Bits (LSB) Pada Stego Medium Citra Digitalâ€; Jurnal Ilmiah Terakreditasi GEMATIKA Volume 8 No 2, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, Surabaya, Juni 2007.

Munir, Rinaldi. 2006. Kriptografi. Informatika Bandung: Bandung.

Sadikin, Rifki. 2012. Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java. Andi. Yogyakarta.

Mangarae, Aelphaeis, Steganography FAQ, Zone-H.Org, 2006

Lynch Patrick J and Horton Sarah. 1999.Web Style Guide : Basic Design Principles for Creating Web Sites, Universities Press, India.

Adi Nugroho. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. CV Andi. Offset, Yogyakarta.

Masaleno, Andino. 2006 . Pengantar Steganografi. Ilmukomputer.com.

Bambang Wahyudi, 2007, Konsep Sistem Informasi: dari Bit sampai ke Database, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dzulkifli Nur Rahman, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.