PENGEMBANGAN SISTEM WEB BACKEND UNTUK ADMINISTRASI DAN ANALYTIC PADA APLIKASI POS MIKRO

Aji Eka Putra, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Di Indonesia terdapat sekitar 57,9 juta pelaku UMKM. Usaha mikro cukup mendominasi, ada sekitar 22 juta pedagang kaki lima (PKL). Dalam menjalankan usahanya UMKM tidak hanya secara individu atau personal, melainkan juga mengemasnya dalam bentuk waralaba. Pengelolaan bisnis yang baik dan profesional menjadi harapan setiap pelaku UMKM. Point of Sale (POS) dapat digunakan sebagai pendukung untuk membantu mengontrol dan mengelola usahanya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan sistem web backend admin dan analitik POS yang bisa mengelola bisnis waralaba dengan menerapkan fitur analitik, sehingga memudahkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola dan memantau perkembangan usahanya.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pengembangan perangkat lunak Agile dengan kerangka kerja Scrum. Sebagaimana yang berlaku dalam System Development Life Cycle (SDLC), maka penelitian ini akan menerapkan siklus Agile SDLC yang mengkombinasikan model proses iteratif dan inkremental dalam pengembangan sistemnya. Tahapan dalam pengembangan sistem ini adalah pengumpulan data, pra-perencanaan, inisiasi pengembangan (insepsi), pengembangan sistem, rilis sistem, dan produksi.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem web backend admin yang dapat mengelola bisnis UMKM dan waralaba dengan menerapkan fitur analitik. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan teknik white box dengan tools phpunit dan teknik black box dengan tools selenium terhadap fungsi-fungsi yang ada semua dinyatakan 100% sesuai.

Kata Kunci : Point Of Sale, UMKM, Waralaba, Administrasi, Analytic

Full Text:

PDF

References


AXOPOS. 2012. Point Of Sale, (Online), (http://www.axopos.com/article/point-ofsale-71.html. Diakses 22 November 2015).

Febrianto, Vicky. 2015. Kementerian Perdagangan Siapkan Peta Jalan Waralaba, (Online), (http://antaranews.com/berita/510707/kementerian-perdagangan-siapkan-peta-jalan-waralaba. Diakses 8 Desember 2015).

Hidayat, Dapai Ari. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale (Pos) Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Trigger Pada Distribution Store CV. NMRQ. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. Volume 2, No 1.

Jeremy. 2015. Bisnis Waralaba Bertumbuh Mencapai 20% Tahun 2015, (Online), (http://beritadaerah.co.id/2015/08/27/bisnis-waralaba-bertumbuh-mencapai-20-tahun-2015/. Diakses 8 Desember 2015).

Lazuardi, Hery. 2013. UKM: Jumlah Pedagang Kaki Lima Diperkirakan Capai 22 Juta Orang, (Online), http://industri.bisnis.com/read/20130505/87/12417/ukm-jumlah-pedagang-kaki-lima-diperkirakan-capai-22-juta-orang. Diakses 8 Desember 2015).

Sadique. 2013. A Point Of Sale Application For Secure Financial Transitions In A Mobile Business Enviroment. KTH Royal Institute of Technology.

Sari, R.Henny. 2014. Jumlah UMKM Indonesia 57,9 Juta, Terbanyak Dibanding Negara Lain, (Online), (http://www.merdeka.com/uang/jumlah-umkm-indonesia-579-juta-terbanyak-dibanding-negara-lain.html. Diakses 8 Desember 2015).

Silalahi, Ulbert. 2009. Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

WAA Standards Committee. 2008. Web Analytics Definitions. Washington DC: Web Analytics Association.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aji Eka Putra, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.