PENGEMBANGAN WEB ADMIN DAN BACKEND WEB SERVICE UNTUK APLIKASI MANAJEMEN PRESENSI RAPAT

Nanang Agung Nugroho, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Presensi rapat merupakan suatu bukti mengenai kehadiran seseorang dalam sebuah rapat. Presensi pada rapat sangatlah penting karena sebagai bukti kehadiran atau partisipasi peserta rapat, selain itu untuk memudahkan notulen dalam merekap siapa saja yang hadir, dan mengukur kinerja serta keaktifan individu, dan juga memudahkan dalam pemberian uang transport. Akan tetapi presensi rapat saat ini masih menggunakan kertas yang menyebabkan kesulitan melakukan rekap. Ada pula beberapa aplikasi presensi pada saat ini. Dari aplikasi-aplikasi tersebut belum dapat digunakan untuk presensi rapat karena rapat yang sifatnya fleksibel dari sisi peserta, tempat, dan waktu.

Dari permasalahaan di atas maka pada penelitian ini akan mengembangan sebuah web admin dan web services yang mampu mengelola presensi-presensi rapat. Web admin ini nantinya digunakan untuk mengelola rapat sedangkan Web service digunakan sebagai solusi dalam proses integrasi data dan distribusi data sehingga data dapat digunakan oleh aplikasi presensi yang berbasis android atau platform lainnya. 

Dalam pengembangan ini menggunakan framework Laravel dan database MySQL serta diintegrasikan dengan Google Calendar API sehingga secara otomatis jadwal rapat akan tersinkronisasi ke akun google calendar peserta rapat yang diundang. Metodologi pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metodologi Agile dengan kerangka kerja Scrum. Sebagaimana yang berlaku dalam System Development Life Cycle (SDLC), maka penelitian ini menerapkan siklus Agile SDLC yang mengkombinasikan model proses iteratif dan inkremental dalam pengembangan sistemnya.

Kata Kunci : Web services, Manajemen Presensi, Rapat, Google Calendar, Laravel.

Full Text:

PDF

References


Widhiarso, Y., Riasti, B.K. , 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik dan Presensi Siswa Berbasis SMS Gateway pada SDN Tulakan III. IJNS, Vol. 2 No. 4.

Nasution, Salhasan. 2010. Sistem Manajemen Administrasi dan Presentasi Online untuk Perkuliahan dan Praktikum Menggunakan Oracle dan Barcode Scanner.

Pradini, Kania Dara., Bambang Hidayat, dan Ari Novianty. 2012. Pengenalan Wajah Manusia dengan Metode Spectral Eigenface Pada Pendekatan Empiris Citra Hyper Spectral untuk Verifikasi Identitas Pribadi. Telkom University.

Muhammad, Noval Aditya., Febriliyan Samboda, dan Radityo Prasetianto Wibowo. 2013. Pembuatan Aplikasi Presensi Perkuliahan Berbasis Fingerprint (Studi Kasus : Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya). Vol 2. No. 3.

Aditia MS, Bima, 2013. Aplikasi RFID untuk Sistem Presensi Mahasiswa di Universitas Brawijaya Berbasis Protokol Internet.

Utomo, F.S., Purwanti, Yuli, 2013. An Object Oriented Approach for Creating Web Service Presence System. Vol.7, No. 2.

Julianasari, Windy., Erda Guslinar Perdana, dan Hetti Hidayati. 2012. “Aplikasi Minute of Meeting Berbasis ISO 9001:2008 Fakultas Informatika IT Telkom Minute of Meeting Application Bassed ISO 9001:2008 Faculty of Information Technology IT Telkomâ€. Universitas Telkom.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanang Agung Nugroho, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.