PENGEMBANGAN WEB SERVICE POS MIKRO BERBASIS SOFTWARE AS A SERVICE DENGAN ARSITEKTUR MULTITENANCY PADA BISNIS WARALABA

Tofa Riyadi, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian bangsa. Di Indonesia terdapat sekitar 57,9 juta pelaku UMKM. Usaha mikro cukup mendominasi, ada sekitar 22 juta pedagang kaki lima (PKL) dengan 2,5 juta di antaranya adalah pedagang bakso. Dalam menjalankan usahanya UMKM tidak hanya secara individu atau personal, melainkan juga mengemasnya dalam bentuk waralaba. Pengelolaan bisnis yang baik dan profesional menjadi harapan setiap pelaku UMKM. Point of Sale (POS) dapat digunakan sebagai pendukung untuk membantu mengontrol dan mengelola usahanya. Aplikasi POS yang ada saat ini belum dapat mengakomodasi bisnis waralaba, sehingga apabila pewaralaba memiliki cabang di lokasi yang harga bahan baku berbeda dengan pusat tidak bisa menyesuaikan harga.

Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara dengan obyek yaitu usaha es krim paman sam di palembang. Tahap pengembangan meliputi analisis kebutuhan user, pembuatan use case diagram, class diagram, entity relationship diagram, implementasi, dan pengujian. Implementasi aplikasi web service menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel dan database MySQL sebagai media penyimpanan data. Pengujian yang dilakukan yaitu menggunakan pengujian unit.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu web service pos mikro berbasis software as a service dengan arsitektur multinenancy pada bisnis waralaba dengan kemampuan dapat digunakan untuk banyak penyewa dan mampu mengakomodasi bisnis waralaba serta mumudahkan pemilik usaha untuk memantau usahanya.

Kata Kunci: Bisnis Waralaba, Point of Sale, POS Mikro, UMKM.


Full Text:

PDF

References


Hendry. 2010. Membangun Aplikasi Point Of Sale dengan vb 6.0, Mysql dan php. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Jeremy. 2015. Bisnis Waralaba Bertumbuh Mencapai 20% Tahun 2015. http://beritadaerah.co.id/2015/08/27/bisnis-waralaba-bertumbuh-mencapai-20-tahun-2015/, Diakses pada tanggal 12 Desember 2015.

Sarna, D.E.Y., 2010. Implementing and Developing Cloud Computing Applications. New York: CRC Press. Tersedia di: http://ca.chitkara.edu.in/cloudsecurity/r-iadcc.pdf.

Axopos. 2012. Point Of Sale, http://www.axopos.com/article/point-ofsale-71.html, (diakses 22 November 2015).

Chappel, D.A. & Jewell, T., 2002. Java Web Services, C.A: O’Reilly Media. Tersedia di: http://filepi.com/i/jH2WfEZ.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tofa Riyadi, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.