PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN PELANGGAN PADA APLIKASI POS MIKRO

Isgi Arriza, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Aplikasi POS Mikro adalah salah satu aplikasi mobile android yang digunakan sebagai pendukung untuk membantu mempercepat proses transaksi dan pencatatan transaksi sehingga memudahkan pemilik usaha untuk mengontrol dan mengelola usahanya, khususnya usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). UMKM di Indonesia mengalami perkembangan yang positif baik dari sisi peningkatan voleme usaha maupun jumlah unit usaha. Semakin banyaknya jumlah UMKM maka akan mendorong timbulnya persaingan usaha. UMKM akan berkompetisi untuk mendapat pelanggan dan mendorong penciptaan loyalitas terhadap pelanggan. Pengelolaan hubungan dengan pelanggan akan berdampak pada terciptanya kepuasan dan loyalitas. Pada aplikasi POS Mikro pengelolaan pelanggan yang ada saat ini  menggunakan kartu pelanggan yang digunakan untuk mencatat transaksi pelanggan dan tidak adanya dokumentasi pembelian tiap pelanggan.

Dalam pengembangan sistem pengelolaan pelanggan pada aplikasi POS Mikro penelitian ini akan menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak Agile dengan kerangka kerja Scrum. Sebagaimana yang berlaku dalam System Development Life Cycle (SDLC) yang mengkombinasikan model proses iterative dan incremental dalam pengembangan sistem. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi sistem pengelolaan pelanggan agar sesuai dengan kebutuhan. Implementasi sistem menggunakan framework PHP Codeigniter, MySQL, dan java android. Sistem diuji dengan 2 metode yaitu pengujian white box yang dilakukan pada 87 fungsi atau method keseluruhan, dan pengujian black box yang dilakukan pada 3 stories.

Hasil dari penelitian ini adalah sistem pengelolaan pelanggan untuk  aplikasi POS Mikro. Sistem telah diuji dengan hasil 87 fungsi dan 3 stories berjalan dengan sesuai. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi sudah dapat digunakan dengan baik.

Kata kunci : UMKM, Pengelolaan, Pelanggan, POS Mikro.


Full Text:

PDF

References


AXOPOS. 2012. Point Of Sale, (Online), (http://www.axopos.com/article/point-ofsale-71.html. Diakses 22 November 2015).

Febrianto, Vicky. 2015. Kementerian Perdagangan Siapkan Peta Jalan Waralaba, (Online), (http://antaranews.com/berita/510707/kementerian-perdagangan-siapkan-peta-jalan-waralaba. Diakses 8 Desember 2015).

Hidayat, Dapai Ari. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale (Pos) Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Trigger Pada Distribution Store CV. NMRQ. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. Volume 2, No 1.

Jeremy. 2015. Bisnis Waralaba Bertumbuh Mencapai 20% Tahun 2015, (Online), (http://beritadaerah.co.id/2015/08/27/bisnis-waralaba-bertumbuh-mencapai-20-tahun-2015/. Diakses 8 Desember 2015).

Lazuardi, Hery. 2013. UKM: Jumlah Pedagang Kaki Lima Diperkirakan Capai 22 Juta Orang, (Online), http://industri.bisnis.com/read/20130505/87/12417/ukm-jumlah-pedagang-kaki-lima-diperkirakan-capai-22-juta-orang. Diakses 8 Desember 2015).

Sadique. 2013. A Point Of Sale Application For Secure Financial Transitions In A Mobile Business Enviroment. KTH Royal Institute of Technology.

Sari, R.Henny. 2014. Jumlah UMKM Indonesia 57,9 Juta, Terbanyak Dibanding Negara Lain, (Online), (http://www.merdeka.com/uang/jumlah-umkm-indonesia-579-juta-terbanyak-dibanding-negara-lain.html. Diakses 8 Desember 2015).

Silalahi, Ulbert. 2009. Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

WAA Standards Committee. 2008. Web Analytics Definitions. Washington DC: Web Analytics Association.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Isgi Arriza, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.