PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) PADA BIDANG PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERTANIAN DINAS PERTANIAN DIY

Indra Farendra, Tedy Setiadi

Abstract


Pembuatan model Customer Relationship Managemant pada Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Dinas Pertanian DIY sebagai acuan dalam perencanaan dan pengembangan sistem informasi yang mengarah pada layanan hubungan antara Dinas Pertanian Pemerintah DIY di Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian dengan customer untuk masa yang akan datang.Masalah sistem informasi yang belum menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat khususnya petani, keterbatasan fasilitas pendukung pelayanan juga membuat interaksi antara Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian dengan Customer tidak berjalan dengan baik.

Model CRM diharapkan bisa digunakan untuk  acuan dalam rangka mengoptimalkan kinerja E-government di Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian.Terdapat tahapan-tahapan dalam pembuatan model CRM, tahapan tersebut antara lain pencarian data dengan metode wawancara, literatur, observasi, survey dan kuisioner. Analisis meliputi proses bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi,arsitektur tekhnologi dan pembuatan kerangka model CRMmulai dari rencana strategi pengembangan layanan sistem informasi dan pengujian perancangan sistem dengan menggunakan uji kelayakan dan memberi rokemendasi model customer relationship management.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan “Kerangka Model CRM di Dinas Pertanian Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian” yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media sistem informasi yang tersedia. Hasil uji kelayakan sistem menunjukan bahwa sistem yang diusulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu mendukung strategi organisasi dalam meningkatkan pelayanankhususnya di Dinas Pertanian Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, sehingga terjalin sebuah hubungan yang kondusif dengan customer terkait.

Kata Kunci :Customer Relationship Management,Model CRM, Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian.

References


Buku Tahunan Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013.

Alfira Gazali, Rezki., 2012, Pemodelan CRM Pada Bagian Perhubungan Dishubkominfo DIY, Karya Tulis, UAD, Yogyakarta.

Daft, R., 2003, Management, 6th ed., Thomson South-Western West, Mason, OH.

Davenport, Thomas 1993, Process Innovation: Reengineering work through information technology, Harvard Business School Press, Boston.

Freeland, J., 2003, “The new CRM imperative”, The Ultimate CRM Handbook, McGraw-Hill, New York, NY.

Ghozali, Imam., 2012, Pembuatan Model CRM Pada Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi DIY, Karya Tulis, UAD Yogyakarta.

Jogiyanto dan Abdillah, Willy., 2011, sistem tatakelola tekhnologi informasi, Yogyakarta, Andi Yogyakarta.

Ladjamudin, bin Albahra. 2005. Analisis dan Design Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha ilmu.

Simarmata, Dj.A., 1983, Operation Research, Pengantar, Jakarta, PT. Gramedia.

Surendro, Kridanto., 2009,pengembangan rencana induk sistem informasi, Bandung, Informatika Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i3.10801

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indra Farendra, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal)
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.