SISTEM PENDUKUNG KEPUSTUSAN PEMILIHAN KANDIDAT TERBAIK UNTUK MENGIKUTI KOMPETISI DENGAN METODE TOPSIS

Galih Oktorika Isnawan, Sri Winiarti

Abstract


Sebuah kompetisi tingkat nasional atau internasional pasti akan banyak menarik minat dari mahasiswa untuk mengikuti kompetisi tersebut. Dalam mengikuti berbagai kompetisi, tidak semua bisa mendapat hasil yang bagus, banyak juga kompetisi yang diikuti Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tidak dapat menghasilkan gelar juara. Untuk memaksimalkan hasil dalam mengikuti suatu kompetisi, BIMAWA selaku lembaga yang kompeten terhadap hal ini hanya akan mengirimkan mahasiswa pilihan yang terbaik sesuai dengan kriteria kompetisi yang akan diikuti. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibuat penelitian untuk mengembangkan suatu aplikasi yang mampu untuk memilih kandidat mahasiswa terbaik yang akan menjadi delegasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dalam mengikuti kompetisi.

Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan berbagai metode antara lain : wawancara, observasi, dan studi pustaka. Dilanjutkan dengan melakukan analisis kebutuhan sistem, perancangan yang meliputi pembuatan DFD, ERD, rancangan tabel, serta desain interface. Implementasi yang meliputi pembuatan form-form interface dan coding untuk keseluruhan sistem. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman visual basic dengan metode yang digunakan adalah metode TOPSIS. Pengujian sistem dilakukan dengan membandingkan hasil program dan perhitungan secara manual, serta pengujian dilakukan dengan black box test, dan alpha test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan kandidat terbaik untuk mengikuti berbagai kompetisi. Output berupa peringkat mahasiswa berdasarkan skor TOPSISnya yang digunakan untuk rekomendasi mahasiswa yang layak terpilih untuk mengikuti suatu kompetisi. Melalui pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci: SPK, Pemilihan Kandidat, TOPSIS

References


Kahraman, dkk. 2008. Fuzzy Multi-Criteria Decision Making, Springer, New York.

Yoon, K.P dan Hwang, C.L, 1981. Multiple Attribute Decision Making; An Introduction, Springer, New York.

Sidiq, Muhammad, 2010. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Berbasis Web, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Azizah, Nurul, 2012. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan dengan Metode Preference Ranking Organization for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) Studi Kasus Pamela Group Yogyakarta, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Basyaid, Fahmi, 2006. Teori Pengambil Keputusan, Grasindo, Jakarta.

kompasiana.com, 2013. Djarum Black Innovation Awards. Diperoleh 12 Mei 2015, dari http://www.kompasiana.com/kompasiana/djarum-black-innovation-awards_talks-2013-perdana-di_bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i3.10799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Galih Oktorika Isnawan, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.