SISTEM IDENTIFIKASI BERBASIS KASUS UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT AYAM

Andina Megawati Akase, Sri Winiarti

Abstract


Populasi ternak ayam meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan populasi ternak ayam ini juga mempengaruhi jumlah penyakit pada ayam. Penyakit yang menyertainya juga semakin kompleks sehingga bisa menular kepada manusia dan mengakibatkan kematian. Selain itu, penyakit pada ternak ayam dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar. Penyuluhan terkait penyakit yang menyerang pada ayam belum dilakukan secara rutin sehingga masyarakat masih sulit dalam mendapatkan informasi tentang penyakit yang menyerang pada ayam. Dengan adanya permasalahan tersebut maka akan dibangun suatu perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk mendiagnosa penyakit ayam.

Dalam pengembangan sistem pakar terdapat beberapa tahapan yang diterapkan dalam sistem ini diantaranya yaitu penilaian keadaan, koleksi pengetahuan, perancangan dan tes. Metode yang akan digunakan dalam membangun sistem ini adalah Case Based Reasoning yaitu salah satu metode  pengambilan keputusan dari kasus yang baru dengan berdasarkan solusi dari kasus – kasus sebelumnya. Dalam sistem identifikasi ini, metode CBR digunakan berdasarkan beberapa siklus yaitu mencocokan kembali kasus yang paling mirip menggunakan similarity, menggunakan kembali informasi, memperbaiki solusi dan menyimpan pengetahuan. Kasus yang memiliki nilai similarity tertinggi akan diambil sebagai kasus yang baru. Kasus yang berhasil direvisi akan disimpan ke dalam sistem untuk dijadikan pengetahuan baru (fresh knowledge) dalam sistem.

Pengujian sistem yang dilakukan dengan menggunakan metode Blackbox Test. Hasil pengujian sistem menggunakan metode Blackbox Test yaitu 100% jawaban setuju oleh pakar dari 10 (sepuluh)pertanyaan yang diajukan. Untuk pengujian kasus menghasilkan kesimpulan bahwa sistem perhitungan similarity  dengan aplikasi yang dibangun telah sesuai dengan teori yang diacu.

Kata Kunci: case based reasoning, identifikasi berbasis kasus, penyakit ayam.


References


Ambarwati, Luthfiyah. 2012. Sistem Penalaran Berbasis Kasus Untuk Penyakit Yang Ditularkan Oleh Nyamuk. Tugas Akhir.Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Bimmo, Satryo .2014. “Analisis dan Implementasi Sistem Pendiagnosis Penyakit Tuberculosis Menggunakan Metode Case-Based Reasoningâ€Volume 1, No.3.

Fatansyah .2004. Basis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri .2003. Artificial Intelligence (Teknik&Aplikasi).Yogyakarta :Graha Ilmu

Kusumadewi, Sri (2009). Informatika Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Meilany, Nonsi .2009. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam†Volume 3, No.2: 95-110

Mella, Risna.2013.â€Expert System For Diagnosing Chicken’s Diseases†Volume 2, No.3.

Rahayu .2011. Panduan Lengkap Ayam. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rossa, Delima.2010.â€Implementasi Case Based Reasoning Untuk Sistem Diagnosis Penyakit Anjing†Volume 1, No.3.

Sutanta .2004. Sistem Basis Data. Yogyakarta :Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i3.10798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andina Megawati Akase, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.