EVALUASI E-READINESS PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) di UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Rizki Amanah, Eko Aribowo

Abstract


Sistem Informasi Managemen (SIM) dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna. SIM bertujuan agar organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan, baik keputusan rutin maupun keputusan strategis.  Readiness merupakan keadaan kesiapan dari pemerintah dan masyarakat pengguna terkait dengan pelayanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pada penelitian ini akan mengevaluasi tentang sejauh mana kesiapan SIM SDM.

Evaluasi kesiapan dilakukan dengan menyebar kuesioner pada sampel yaitu dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Evaluasi meliputi aspek kesiapan dukungan pimpinan, kesiapan sarana, penggunaan sistem dan budaya yang dikelompokan kedalam 8 model e-readiness chapnick. Kuesioner kemudian diuji dengan uji validitas, uji reabiliitas. Kemudian untuk mengetahui besarnya prosentase masing – masing aspek kesiapan dosen digunakan teknik analisis data dengan menggunakan metode skala likert.

Dari analisis data diperoleh hasil prosentase aspek dukungan pimpinan  72,50%, aspek kesiapan sarana 81,88%, aspek penggunaan sistem 70,20%, dan aspek budaya 75,83%. Dapat disimpulkan bahwa SIM SDM sudah siap digunakan. Namun perlu ada peningkatan pendekatan berupa sosialisasi dari pimpinan dan pelatihan secara menyeluruh kepada dosen. Sehingga harapannya SIM SDM yang ada dapat dijalankan dengan maksimal dan kendala-kendala yang telah diketahui dapat diminimalisir

Kata Kunci: E-Readiness, model Chapnick, SIM SDM


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Chapnick. 2000. Are you ready for E-learning? – E-Learning readiness assessment. Di akses pada tanggal 10 Oktober 2012.

Indrajit, Richardus Eko. 2002. Electronic Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Public Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta : Penerbit Andi

Pangestu, Danu Wira. Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen. ebook ilmukomputer.com diakses 31 oktober 2014

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Waryanto, N. H. (2010). E-Readiness. Artikel. Diakses pada tanggal 16 Desember 2010, dari http://blog.uny.ac.id/nurhadi/2010/08/23/e-readiness/.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i3.10766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizki Amanah, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.