SISTEM E-MARKETPLACE TRAVEL AGENT UNTUK MEMPERMUDAH PENCARIAN PAKET WISATA

Viriya Wicaksono, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Perjalanan dan wisata dengan didukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, membuat kebutuhan hiburan khususnya perjalanan wisata berkembang pesat. Dengan melihat potensi yang sangat baik dibidang perjalanan dan wisata, semakin banyak website travel agent yang menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana atau paket wisata untuk perjalanan wisata. Masalah yang timbul dengan banyaknya website travel agent menyebabkan para pengguna jasa perjalanan wisata mengalami kesulitan dalam mencari paket wisata yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Subjek penelitian ini adalah travel agent. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung untuk mengetahui aktivitas yang berjalan di travel agent. wawancara langsung terhadap pemilik travel agent dan studi pustaka. Perancangan sistem ini menggukanan DFD dan ERD, Implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP yang berbasis Framework Laravel dan MySQL sebagai manajemen database. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem e-marketplace untuk mempermudah pencarian paket wisata bagi para masyarakat khususnya pengguna jasa perjalanan wisata untuk mendapatkan informasi mengenai paket wisata dengan cepat, lengkap, dan sesuai kebutuhan.

Kata Kunci: website, travel agent, Framework, Laravel, e-marketplace.

References


Kurniawan,Viktor Wahyu, 2010, Aplikasi Sistem Informasi Booking Paket Pariwisata Indonesia Pada Santafi Tour And Travel Berbasis Web.Jurnal, Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Ratnaningtias, Dewi Meina, 2011, Online Booking pada Pariwisata Ambarawa(Studi Kasus Ambarawa Tour and Traveling), Skripsi S-1, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Yoeti, Oka A. 1996, Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung:Angkasa.

Lee, In. 2014, Trends In E-Bussiness, E-Services, and E-Commerce: Impact of Technology on Goods, Services, and Bussiness Transactions. United State of America:IGI Global.

Kristanto, Ir, Harianto, 1994, Konsep dan Perancangan Database,Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i3.10763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Viriya Wicaksono, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.